IMPLEMENTASI PROGRAM BOARDING SCHOOL DALAM MEMBINA AHLAK SISWA KELAS IX DI SMP AL-ALBAB DUSUN GEDONGAN DESA GONDANGSARI KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Muryanti, Muryanti (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM BOARDING SCHOOL DALAM MEMBINA AHLAK SISWA KELAS IX DI SMP AL-ALBAB DUSUN GEDONGAN DESA GONDANGSARI KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
11. SKRIPSI_Muryanti.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Muryanti. 2024. Implementasi Program Boarding School Dalam Membina Ahlak Siswa Kelas IX Di SMP Al-Albab Dusun Gedongan Desa Gondangsari Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNDARIS. Pembimbing Rina Priarni, M.Pd.I dan Dr. H. Imam Anas Hadi, M.S.I Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1). Implementasi program Boarding School dalam membina akhlak siswa kelas IX di SMP Al-Albab Dusun Gedongan, Desa Gondangsari, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2023/2024. 2). Akhlak siswa kelas IX di SMP Al-Albab Dusun Gedongan, Desa Gondangsari, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2023/2024. 3). Faktor pendukung dan penghambat Implementasi program Boarding School dalam membina akhlak siswa kelas IX di SMP Al-Albab Dusun Gedongan, Desa Gondangsari, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data terdiri dari data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara meredukasi data, menyajikan data dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa 1). Implementasi program Boarding School pendidikan akhlak di SMP Al-Albab Pakis, Magelang dilakukan yang pertama melalui penciptaan unsur non fisik yang didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas. Kedua, metode pendidikan yang menunjang proses pembentukan akhlak pada peserta didik. Metode-metode tersebut antara lain metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasehat dan metode reward punishment. 2). Penulis menyimpulkan bahwa penerapan akhlak siswa kelas IX SMP AL ALBAB berdasarkan dari kitab Ta’lim Muta’alim karangan Zarnuji sudah baik, namun masih ada beberapa yang perlu di perbaiki agar semua indikator tersebut dapat terpenuhi dengan sempurna dan mampu menghasilkan peserta didik yang berakhlakul karimah. 3). Faktor pendukung pada pengimplementasian program Boarding School di SMP Al-Albab bersumber dari (1). SDM ( Sumber Daya Manusia ) (2). Anak (3). Orang Tua dan (4). Fasilitas. Sedangkan Faktor penghambat pada pengimplementasian program Boarding School di SMP Al-Albab bersumber dari (1). Anak (2). Orang Tua (3). Perkembangan Teknologi. Kata Kunci : Boarding School, Pembentukan Akhlak, SMP Al-Albab

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 10 Jun 2024 03:14
Last Modified: 10 Jun 2024 03:14
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1620

Actions (login required)

View Item View Item