PERAN GURU PAI DALAM OPTIMALISASI PELAYANAN PEMBELAJARAN PAI BAGI ANAK SLOW LEARNER DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SAWANGAN TAHUN 2023/2024

Muhammad Fadhurrohman, Muhammad Fadhurrohman (2024) PERAN GURU PAI DALAM OPTIMALISASI PELAYANAN PEMBELAJARAN PAI BAGI ANAK SLOW LEARNER DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SAWANGAN TAHUN 2023/2024. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
10. SKRIPSI_M. Fadlurrohman.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK MUHAMMAD FADHURROHMAN. Peran Guru PAI dalam optimalisasi pelayanan pembelajaran PAI bagi anak slow learner di SMP Muhammadiyah 1 Sawangan tahun 2023/2024. Skripsi. Ungaran. Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2024 Dalam kegiatan belajar yang dilakukan peserta didik tidaklah selalu lancar dan sesuai seperti yang diharapkan. Kadang-kadang mereka mengalami kesulitan atau hambatan dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam. Tapi tidak semua peserta didik yang mengalami kesulitan belajar bidang studi pendidikan agama Islam. Berbagai kesulitan belajar bidang studi pendidikan agama islam yang dialami peserta didik antara lain: kesulitan dalam membaca, menulis dan menerjemahkan ayat-ayat Al-Qur’an, sulit dalam mempraktekkan gerakan-gerakan shalat secara sempurna dan menghafalkan bacaan-bacaan shalat, serta kurangnya pemahaman dan pengamalan materi. untuk dalam setiap kegiatan proses belajar mengajar, guru bidang studi pendidikan agama Islam selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi peserta didiknya dengan cara memilih metode dan pendekatan belajar yang baik, sehingga peserta didik termotivasi untuk selalu rajin dan tekun belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan analisis kualitatif dan mengambil lokasi di SMP Muhammadiyah 1 Sawangan. Subjek dalam penelitian ini adalah bapak kepala sekolah, guru PAI, guru BK dan beberapa siswa di SMP Muhammadiyah 1 Sawangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi serta teknik analisis data yang digunakan adalah model Spradley. Untuk mengecek keabsahan datanya, peneliti menggunakan Triangulasi. Berdasarkan hasil temuan penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ; peran guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik sudah baik, guru berperan sebagai fasilitator dan menjadikan peserta didik sebagai anaknya sendiri, sehingga guru dapat dengan mudah menjadi tauladan bagi peserta didik. guru dalam perannya mengatasi kesulitan belajar peserta didik dengan cara pendekatan personal, memilih dalam menggunakan metode dan media pembelajaran, serta melakukan bimbingan kepada peserta didik yang mengalami kesulitan belajar. Faktor yang mendukung adalah lingkungan sekolah yang ditunjang fasilitasnya, terdapat peserta didik yang melakukannya, sedangkan untuk faktor penghambatnya adalah faktor peserta didik, orangtua dan media massa. Kata Kunci: Peran Guru PAI, Pembelajaran PAI, Slow Learner

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 10 Jun 2024 03:11
Last Modified: 10 Jun 2024 03:11
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1619

Actions (login required)

View Item View Item