PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DENGAN METODE DISKUSI BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS 3 SD NEGERI BANDUNGAN 01 KECAMATAN BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG

ARDANA RISWARI, ARDANA RISWARI (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DENGAN METODE DISKUSI BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS 3 SD NEGERI BANDUNGAN 01 KECAMATAN BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
9. SKRIPSI_ARDANA RISWARI_19320057.pdf

Download (7MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Ardana Riswari. 2024. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Dengan Metode Diskusi Menggunakan Media Flashcard Pada Siswa Kelas 3 SD Negeri Bandungan 01 Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Darul Ulum Islamic Center Sudirman GUPPI Ungaran. Pembimbing utama: Dr. Sutomo, M.Pd, Pembimbing Pendamping: Atrianing Yessi Wijayanti, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis teks siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi keterampilan menulis di kelas 3 SD Negeri bandungan 01 Kecamatan Bandungan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan metode diskusi dengan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan menulis teks Deskripsi siswa kelas 3 SD Negeri Bandungan 01 Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan metode diskusi menggunakan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan menulis teks Deskripsi siswa kelas 3 SD Negeri Bandungan 01 kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengambil subjek siswa kelas 3 SD Negeri Bandungan 01. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2023-2024 mulai bulan Oktober hingga Novemember 2023 dengan menggunakan Kurikulum 2013. Keterampilan menulis teks diukur berdasarkan persentase ketercapaian skor menulis teks. Prosedur pelaksanaan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan penilaian keterampilan menulis siswa kelas 3, observasi keterampilan guru, dan observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Analisis data yang digunakan adalah penilaian keterampilan menulis siswa kelas 3, analisis data keterampilan guru dan analisis aktivitas siswa. Hasil penelitian diperoleh presentase ketercapaian peningkatan keterampilan menulis siswa pada siklus I 43,33%, sedangkan pada siklus II 83,33% dengan kategori sangat baik. Peningkatan keterampilan guru dalam mengajar pada siklus I 63,8% termasuk kategori cukup, dan mengalami peningkatan pada siklus II 88,80% dengan katergori sangat baik. Hal yang sama terjadi pada aktivitas siswa yaitu pada siklus I keaktifan siswa 40% (cukup) menjadi 83,3% (sangat baik) pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode diskusi menggunakan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas III di SD Negeri Bandungan 01. Kata kunci: keterampilan menulis, metode diskusi, dan media flashcard

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 10 Jun 2024 03:08
Last Modified: 10 Jun 2024 03:08
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1618

Actions (login required)

View Item View Item