PERAN GURU AKIDAH AKHLAQ DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PENGAMALAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS IX DI MTs MA’ARIF NU BANJARSARI WINDUSARI MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Aqilla Zalfa Aisha Putri, Aqilla Zalfa Aisha Putri (2024) PERAN GURU AKIDAH AKHLAQ DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PENGAMALAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS IX DI MTs MA’ARIF NU BANJARSARI WINDUSARI MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
8. SKRIPSI_Aqilla Rev.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Putri, Aqilla Zalfa Aisha. Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Pemahaman dan Pengamalan Karakter Religius Siswa Kelas IX MTs Ma’arif NU Banjarsari Windusari Magelang Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2024. MTs Ma’arif NU Banjarsari Windusari Magelang merupakan salah satu madrasah yang berbasis Islam. Meskipun dalam ruang lingkup islami, para siwa masih memiliki perilaku kurang baik seperti suka berbohong, terlambat sekolah, suka berkata kotor dan tidak mematuhi peraturan madrasah. Maka dari itu salah satu upaya MTs Ma’arif NU Banjarsari Windusari Magelang adalah diadakannya penanaman budaya religius. Budaya religius merupakan budaya yang tercipta dari pembiasaan suasana religius yang berlangsung lama untuk melaksanakan nilai nilai religius. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui peran guru PAI dalam membentuk perilaku religiusitas peserta didik di MTs Ma’arif NU Banjarsari Windusari Magelang Tahun Pelajaran 2023/2024. 2) untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung guru PAI dalam membentuk perilaku religiusitas peserta didik di MTs Ma’arif NU Banjarsari Windusari Magelang Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu suatu penelitian yang ditunjukkan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, dan pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Teknis analisis datanya dengan cara mereduksi data, display data dan mengambil kesimpulan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) peran guru dalam menigkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai budaya religius di MTs Ma’arif NU Banjarsai adalah dengan membentuk karakter siswa. Karena dengan membentuk karakter ini siswa akan berpengaruh terhadap karakter yang terbentuk pada siswa itu sendiri. 2) kendala yang dihadapi guru saat mengimplementasikan budaya religius di MTs Ma’arif NU Banjarsari terdapat 2 faktor yaitu faktor yang mendukung dan faktor yang menghambat. Faktor yang mendukung diantaranya peserta didik selalu menanamkan nilai plus dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya keteladanan dari guru saja, tetapi perlu adanya kesadara dari diri sendiri. Dan faktor yang menghambat diantaranya terbatasnya waktu dalam membimbing dan memantau peserta didik di madrasah, siswa yang masih mempunyai sifat labil dan mudah terpengaruh dari lingkungan sekitarnya. Kata kunci : Guru, Budaya, Religius

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 06 Jun 2024 04:13
Last Modified: 06 Jun 2024 04:13
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1616

Actions (login required)

View Item View Item