IMPLEMENTASI BUDAYA PESANTREN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS XI-9 DI SMK SYUBBANUL WATHON TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Vina Wafiroh, Vina Wafiroh (2024) IMPLEMENTASI BUDAYA PESANTREN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS XI-9 DI SMK SYUBBANUL WATHON TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
6. Skripsi Vina Wafiroh_20610098.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK VINA WAFIROH. Implementasi Budaya Pesantren dalam Pembentukan Karakter pada siswa kelas XI-9 di SMK Syubbanul Wathon Tegalrejo tahun pelajaran 2023/2024. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2024. Tujuan pendidikan untuk membekali kehidupan di masa yang akan datang, dengan nilai dan norma-norma sebagai modal awal untuk kehidupan bermasyarakat. Mendidik bukan sekedar memberikan pengetahuan, karakter dan keterampilan terhadap anak, akan tetapi lebih dari itu. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Implementasi Budaya Pesantren dalam Pembentukan Karakter pada siswa kelas XI-9 di SMK Syubbanul Wathon Tegalrejo tahun pelajaran 2023/2024; (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Implementasi Budaya Pesantren dalam Pembentukan Karakter pada siswa kelas XI-9 di SMK Syubbanul Wathon Tegalrejo tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripsi. Yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan budaya pesantren dalam pembentukan karakter siswa kelas XI-9 di SMK Syubbanul Wathon Tegalrejo tahun pelajaran 2023/2024. Sumber data berasal dari data primer dan skunder. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam implementasi budaya pesantren dalam pembentukan karakter pada siswa kelas XI-9 di SMK Syubbanul Wathon Tegalrejo tahun pelajaran 2023/2024 adalah:(1) Implementasi budaya pesantren di SMK Syubbanul Wathon dilaksanakan pada saat rangkaian kegiatan di pondok diantaranya : sholat jamaah, sorogan, ta’ziran, mengantri, lengseran dan ro’an. Karakter yang dibentuk dari budaya pesantren tersebut antara lain :karakter religius, disiplin, sabar, solidaritas dan peduli lingkungan; (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi budaya pesantren dalam pembentukan karakter siswa kelas XI-9 di SMK Syubbanul Wathon antara lain : (a) faktor pendukung, yaitu : kerjasama pengurus pondok dan guru disekolah, penerapan tata tertib yang berlaku, kesadaran siswa dan dukungan dari keluarga; (b) faktor penghambat, yaitu : karakteristik siswa yang berbeda, latar belakang kelauraga dan lingkungan yang berbeda, fasilitas kadang kurang memadai dan kurangnya kesadaran siswa. Kata kunci: budaya, pesantren, karakter, syubbanul wathon

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 06 Jun 2024 04:07
Last Modified: 06 Jun 2024 04:07
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1614

Actions (login required)

View Item View Item