PERAN GURU PAI DALAM MEMBINA PESERTA DIDIK KELAS 4, 5 DAN 6 MENJADI INSAN YANG RELIGIUS DAN BERKARAKTER DI SD NEGERI 1 SEBOTO KECAMATAN GLADAGSARI KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2023/2024.

Wachid Aji Sulistiyo, Wachid Aji Sulistiyo (2024) PERAN GURU PAI DALAM MEMBINA PESERTA DIDIK KELAS 4, 5 DAN 6 MENJADI INSAN YANG RELIGIUS DAN BERKARAKTER DI SD NEGERI 1 SEBOTO KECAMATAN GLADAGSARI KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
5. Skripsi Pendidikan Wachid Aji.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK WACHID AJI SULISTIYO. Peran Guru PAI dalam Membina Peserta Didik Menjadi Insan yang Religius dan Berkarakter di SD Negeri 1 Seboto Kecamatan Gladagsari Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2023-2024. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2024. Dalam pendidikan peran guru tidak hanya mentransfer ilmu saja, melainkan ada peran lain yang juga harus dimiliki seorang guru untuk menjadikan peserta didik menjadi berkarakter religius. Dalam skripsi ini membahas tentang peran yang dilakukan oleh Guru PAI di satuan pendidikan SD Negeri 1 Seboto, Kecamatan Gladagsari, Kabupaten Boyolali. Guru PAI memiliki metode untuk menjadikan anak-anak didik kelas 4, 5 dan 6 menjadi siswa yang religius dan berkarakter. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan peran Guru PAI dalam membina peserta didik kelas 4, 5 dan 6 menjadi insan yang religius dan berkarakter; (2) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat guru PAI dalam membina peserta didik kelas 4, 5 dan 6 menjadi insan yang religius dan berkarakter di SD Negeri 1 Seboto Kecamatan Gladagsari Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, dan pemikiran orang secara individu maupun kelompok. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui observasi, interview dan dokumentasi. Teknik analisis datanya dengan cara mereduksi data, display data dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam membina peserta didik kelas 4, 5 dan 6 menjadi insan yang religius dan berkarakter di SD Negeri 1 Seboto adalah: (1) melalui peran Guru PAI dalam membina peserta didik kelas 4, 5 dan 6 antara lain: guru PAI sebagai pendidik, sebagai pengajar, sebagai pembimbing, menjadi suri tauladan, sebagai penasehat, sebagai pelatih, dan pembaharu. (2) faktor pendukung pembinaan religi dan karakter adalah faktor orang tua, faktor guru, faktor lingkungan, faktor teman, adanya ekstrakurikuler dan sarana prasarana yang memadai. Selain itu faktor penghambat pembinaan religi dan karakter adalah: faktor psikis peserta didik dan kecerdasan peserta didik, berlebihan menggunakan handphone, dan kurangnya minat belajar. Kata kunci: Peran guru PAI, faktor pendukung, faktor penghambat

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 06 Jun 2024 04:02
Last Modified: 06 Jun 2024 04:02
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1613

Actions (login required)

View Item View Item