PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI SARANA MENJAGA KESEHATAN MENTAL DI SD ISLAM PLUS SALSABILA AL IHSAN KELAS VI DESA GONDANG KECAMATAN MUNGKID KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2023/2024

Dani Taha Sarof, Dani Taha Sarof (2024) PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI SARANA MENJAGA KESEHATAN MENTAL DI SD ISLAM PLUS SALSABILA AL IHSAN KELAS VI DESA GONDANG KECAMATAN MUNGKID KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
3. skripsi Dani Taha Sarof.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dani, peran pendidikan agama Islam sebagai sarana menjaga kesehatan mental di SD Islam Plus Salsabila Al Ihsan kelas 6 Dusun galoan Desa Gondang Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang tahun ajaran 2023-2024 Kesehatan mental adalah hal mutlak yang harus dimiliki oleh seorang manusia tidak terkecuali oleh siswa siswi kelas 6 SD Islam Plus Salsabila Al Ihsan. Di mana kesehatan mental itu bukan hanya dibangun tapi juga perlu dijaga dan penjagaan yang yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan pengoptimalan pendidikan agama Islam baik berupa teori ataupun berupa praktek yang mana akansemakin mempertebal kesehatan mental seseorang dengan dibiasakan memiliki tiga poin utama dalam hidup yaitu aqidah atau keyakinan , syariat dan juga-adab yang mana ketiga poin utama tadi menjadi Aspek penjagaan terbaik karena merupakan perwujudan dari hubungan manusia dengan Tuhannya Dan hubungan manusia dengan sesama manusia yang berakhir menjadikan terjaganya kesehatan mental seseorang Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu suatu penelitian yang ditunjukkan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, dan pemikiran orang secara individual maupun kelompok Sumber data berasal dari data primer dan sekunder pengumpulan data melalui observasi interview dan dokumentasi. Teknis analisis datanya dengan cara mereduksi data display data dan mengambil kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesehatan mental anak kelas 6 SD Islam Plus Salsabila Al Ihsan tahun ajaran 2023 / 2024 sangat bagus mengingat terlaksananya penjagaan kesehatan mental melalui materi-materi pendidikan agama Islam yang juga disediakan ruang untuk praktek bukan hanya teori. Praktek di sini berupa sunah-sunah seperti salat duha, dzikir setelah salat dan juga diperkuat menggunakan penanaman adab terhadap peserta didik baik terhadap kesesama ataupun adab ke orang tua dan guru bahkan ada terhadap benda yang disucikan seperti Alquran dan lainnya Hal ini terbukti menjadikan anak-anak tetap terjaga mentalnya walaupun sedang berada pada fase terberat di jenjang pendidikan SD yaitu kelas 6.Padahal di SD Islam Plus Salsabila sendiri materi pendidikan dan kurikulumnya jauh lebih banyak dan lebih kompleks daripada SD konvensional di luaran sana yang tentunya dengan beban pelajaran dan ujian yang lebih banyak tetapi fakta di lapangan menunjukkan mereka tetap ceria dengan kondisi mental yang terjaga. Kata kunci: pendidikan agama Islam, kesehatan mental.

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 06 Jun 2024 03:56
Last Modified: 06 Jun 2024 03:56
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1611

Actions (login required)

View Item View Item