IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI KELAS X DI SMK MA’ARIF TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2023/2024

Arneta Dwi Nirmalasari, Arneta Dwi Nirmalasari (2024) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI KELAS X DI SMK MA’ARIF TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
2. Skripsi Arneta Dwi Nirmalasari_20610045.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK ARNETA DWI NIRMALASARI. Implementasi Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Teknologi Informasi Kelas X di SMK Ma’arif Tegalrejo Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2023/2024. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS 2024. Teknologi Informasi (TI) di dunia pendidikan dapat merubah banyak aspek dalam pendidikan salah satunya adalah aspek cara mengajar. Di era perkembangan teknologi ini yang mendorong upaya-upaya pembaharuan dibidang ilmu pendidikan khususnyadalam proses belajar. Pembelajarn PAI merupakan salah satu mata pelajaran yang ada di SMK yang termasuk di dalam kurikulum, di dalamnya mencakup pelajaran fiqh, akidah akhlaq, Qur’an hadis dan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran PAI berbasis Teknologi Informasi kelas X di SMK Ma’arif Tegalrejo Kabupaten Magelang; (2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung implementasi metode pembelajaran PAI berbasis Teknologi Informasi di SMK Ma’arif Tegalrejo Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikaan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi dan pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Lokasi penelitian di SMK Ma’arif Tegalrejo Kabupaten Magelang. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari data primer dan sekunder. Pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknis analisis data dengan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitan menunjukan bahwa dalam menerapkan metode pembelajaran PAI berbasis Teknologi Informasi di SMK Ma’arif Tegalrejo adalah: (1) membuat perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam penerapan metodenya dengan membuat modul ajar, melaksanakan pembelajarn di kelas dengan menciptakan suasana kelas yang aktif, inovatif dan kreatif serta mengevalusi pembelajaran dengan hasil penilaian yang objektif dan berkesinambungan. (2) Hambatan yang didapatkan yaitu kurangnya pemahaman peserta didik, kurangnya perhatian orang tua, fasilitas yang masih minim dan lingkungan yang kurang mendukung. Adapun pendukungnya yaitu adanya kebijakan sekolah, kooperatifnya semua pihak, ide dan kemauan peserta didik, kemauan peserta didik yang tinggi. Kata kunci : Pembelajaran PAI , Teknologi Informasi

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 06 Jun 2024 02:54
Last Modified: 06 Jun 2024 02:54
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1610

Actions (login required)

View Item View Item