STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KELURAHAN KARANGREJO TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA DI KANTOR KELURAHAN KARANGREJO SEMARANG

Catur Budiarti, Catur Budiarti (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KELURAHAN KARANGREJO TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA DI KANTOR KELURAHAN KARANGREJO SEMARANG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
8. CATUR BUDIARTI FIX.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Instansi pemerintahan merupakan lembaga yang bertujuan untuk melaksanakan fungsi administratif dan pelayanan publik pada masyarakat. Efektivitas kerja pegawai sebagai tolak ukur atau titik awal sebuah keberhasilan dalam organisasi. Sejauh mana sesuatu telah direncanakan dapat dicapai pegawai, semakin banyak rencana yang dapat dicapai, semakin efektif pula kegiatan tersebut. Instansi pemerintahan menuntut untuk meningkatkan kinerja semua pegawai kantor dinas agar bisa memberikan pelayanan yang baik dan standar kualitas kinerja yang telah ditetapkan. Dalam Program Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) setidaknya harus mengetahui strategi apa yang harus diterapkan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh instansi pemerintahan pada saat ini. Adapun strategi sebagai pengambilan keputusan, strategi koordinasi dan strategi komunikasi. (Khoirul Umam 2021). Jenis penelitian ini adalah explanatory dengan pengambilan data secara kuesioner. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah strategi pengambilan keputusan, strategi koordinasi, dan strategi komunikasi. Lokasi penelitian di RW 02 Kelurahan Karangrejo Semarang dengan objek penelitian responden sebagai Sampel yang digunakan sebanyak 67 warga. Analisis yang digunakan adalah korelasi sederhana, korelasi berganda, regresi sederhana, regresi berganda, koefesien determinasi, uji t dan uji f dengan alat bantu perhitungan menggunakan SPSS versi 27.0 Hasil analisa menunjukan nilai keputusan sebesar 572,955 > variabel strategi pengambilan 1,99834 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,005, yang artinya variabel strategi pengambilan keputusan berpengaruh signifikan terhadap variabel efektivitas kerja pegawai di Kantor Kelurahan Karangrejo. Variabel strategi koordinasi menghasilkan nilai sebesar 615,945 > 1,99834 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,005, artinya variabel strategi koordinasi berpengaruh secara signifikan terhadap variabel efektivitas kerja pegawai di Kantor Kelurahan Karangrejo. Variabel strategi komunikasi menghasilkan nilai 60,591> 1,99834 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,005 artinya variabel strategi komunikasi berpengaruh secara signifikan terhadap variabel efektivitas kerja pegawai di Kantor Kelurahan Karangrejo. Hasil pengujian secara simultan menghasilkan nilai Fhitung sebesar 29,862 > Ftabel 2,750 dengan signifikansi 0,000 < 0,005, maka menunjukkan bahwa variabel strategi pengambilan keputusan, strategi koordinasi, dan strategi komunikasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel efektivitas kerja pegawai di Kantor Kelurahan Karangrejo. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel strategi pengambilan keputusan, strategi koordinasi, dan strategi komunikasi berpengaruh secara parsial dan secara simultan terhadap efektivitas kerja pegawai di Kantor Kelurahan Karangrejo. Kata kunci: strategi pengambilan keputusan, strategi koordinasi, dan strategi komunikasi, efektivitas kerja

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 05 Jun 2024 03:08
Last Modified: 05 Jun 2024 03:08
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1603

Actions (login required)

View Item View Item