PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPERCAYAAN, DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI PADA BMT BINA UMMAT SEJAHTERA (BUS) CABANG SUMBER KABUPATEN REMBANG)

Khilyatun Nisa, Khilyatun Nisa (2017) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPERCAYAAN, DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI PADA BMT BINA UMMAT SEJAHTERA (BUS) CABANG SUMBER KABUPATEN REMBANG). Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (232kB)
[img] Text
halaman awal.pdf

Download (911kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (829kB)
[img] Text
skripsi bab I,II,III,IV,V.pdf

Download (323kB)
[img] Text
Tabel t.pdf

Download (442kB)
[img] Text
tabel-f-0-05.pdf

Download (915kB)
[img] Text
Tabel-r.pdf

Download (103kB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Loyalitas Pelanggan sangat diinginkan oleh setiap perusahaan untuk mencapai suatu keberhasilan seperti yang diinginkan. Menurut Foster dan Cadogan (2000) Loyalitas adalah suatu sikap dari nasabah dalam menentukan pilihannya untuk tetap menggunakan produk atau jasa dari suatu perusahaan. Berdasarkan keadaan jumlah anggota atau nasabah KJKS BMT Bina Ummat Sejahtera Cabang Sumber Kabupaten Rembang yang setiap tahunnya mengalami kenaikakan yang cukup aktif, hal tersebut dikarenakan pelanggan yang loyal dan dipengaruhi oleh beberapa variabel dalam penelitian ini yaitu kualitas pelayanan, kepercayaan, dan kepuasan nasabah. Permasalahan dalam penelitian terdiri dari apakah variabel kualitas pelayanan, variabel kepercayaan, dan variabel kepuasan pelanggan secara persial maupun simultan berpengaruh terhadap loyalitas Pelanggan BMT Bina Ummat Sejahtera. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh kualitas pelayanan, kepercayaan, dan kepuasan pelanggan baik secara persial maupun secara simultan terhadap loyalitas pelanggan BMT Bina Ummat Sejahtera Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang. Jenis penelitian ini adalah survey explanatory yang digunakan untuk menjelaskan hubungan antar dua variabel atau lebih melalui pengujian hipotesis. Populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah yang menggunakan jasa BMT Bina Ummat Sejahtera. Pengambilan Sampel menggunakan Rumus Slovin (2005) sebanyak 100 konsumen. Metode pengumpulan data melalui kuesioner dan didokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi, Pengujian Hipotesis Melalui Uji T dan Uji F, serta Analisis Koefisien Determinasi ( ). Hasil perhitungan korelasi baik secara persial maupun secara simultan dikategorikan sedang yaitu (0,643), nilai koefisien regresi berganda sebesar Y=4,510+0,261 X1+0,279 X2+0,286 X3+1,971. Dan nilai (Uji t) diperoleh untuk Kualitas Pelayanan nilai t hitung (2,118) > t tabel (1,985), kepercayaan t hitung (2,392) > t tabel (1,985), dan Kepuasan Pelanggan t hitung (2,456) > t tabel (1,985), dengan demikian perhitungan secara persial Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Kepuasan Pelanggan dinyatakan berpengaruhterhadap Loyalitas Pelanggan. Uji f (Simultan) diperoleh nilai f hitung 22,584 > f tabel 2,47, dengan demikian Variabel Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Kepuasan Pelanggan secara simultan berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan BMT Bina Ummat Sejahtera. Koefisien Determinasi (adjusted R Square) yang diperoleh sebesar 0,395. Hal ini berarti 39,5% Loyalitas Pelanggan dapat dijelaskan oleh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Kepuasan Pelanggan. Sedangkan 60,5% Loyalitas Pelanggan dipengaruhi oleh variabel – variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka perlu kiranya peneliti memberikan beberapa saran, yaitu KJKS BMT Bina Ummat Sejahtera Cabang Sumber Kabupaten Rembang agar memperhatikan lagi terhadap Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Kepuasan Pelanggan, karena dari hasil penelitian menunjukkan hasil yang hampir sama perhitungannya yaitu kualitas pelayanan (0,555), kepercayaan (0,557), dan kepuasan pelanggan (0,550), jadi faktor ketiganya perlu peningkatan agar tingkat loyalitas lebih baik lagi dari sebelumnya. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Kepuasan Pelanggan, dan Loyalitas Pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 15 Dec 2023 03:32
Last Modified: 15 Dec 2023 03:41
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1443

Actions (login required)

View Item View Item