PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE JIGSAW SISWA KELAS V SDN SEPAKUNG KABUPATEN SEMARANG

SRI HARTINI, SRI HARTINI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE JIGSAW SISWA KELAS V SDN SEPAKUNG KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
12. skrip.busri.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK iv Sri hartini. 2023. “Peningkatan Hasil Belajar matematika dengan metode jigsaw Siswa Kelas V SDN Sepakung Kabupaten Semarang”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Ungaran. Pembimbing Utama: Dra. Praptiningsih, M.Si Pembimbing Pendamping: Yogi Ageng Sri Legowo, M.Pd. Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil belajar matematika siswa kelas V pada materi Volume bangun ruang dengan penerapan model ceramah dan penugasan di SDN Sepakung. Rumusan masalahnya apakah metode jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Sepakung kecamatan banyubiru kabupaten Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode jigsaw dalam peningkatan dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Sepakung kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, Subjek penelitian ini siswa kelas V SDN Sepakung Kecamatan Banyubiru yang berjumlah 26 siswa semester II SD Negeri Sepakung kecamatan Banyubiru kabupaten Semarang pada tanggal 11 April 2023. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan penilaian hasil belajar siswa kelas V, Observasi keterampilan guru dan observasi aktivitas siswa saat proses pembelajaran berlangsung. Analisis data yang digunakan adalah penilaian Hasil Belajar siswa kellas V, analisis data keterampilan guru dan aktivitas siswa. Hasil penelitian mulai dari Pra Siklus hingga Siklus II selalu mengalami peningkatan hasil belajar siswa. Pada Siklus I meningkat menjadi 15 siswa yang tuntas belajarnya dengan persentase 58%. Pada Siklus II meningkat lagi menjadi 23 siswa yang tuntas dengan persentase 88 % sudah memenuhi keriteria ketuntasan yaitu 75% .Dengan demikian bahwa penelitian ini cukup sampai pada Siklus II, karena penerapan model tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan keterampilan guru dalam mengajar pada siklus I Sebesar 52, 78 di konversikan ke skala 4 menjadi 2,11 dengan kualifikasi cukup, pada siklus II sebesar 85 di konversikan ke skala 4 menjadi 3,33 dengan kualifikasi baik . Dari rata-rata tersebut dapat di simpulkan bahwa penggunakan metode jigsaw dapat meningkatkan hasil belajr siswa kelas V SDN Sepakung kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang. Kata kunci: Peningkatan, Hasil Belajar, Metode Jigsaw.

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 04 Dec 2023 02:56
Last Modified: 04 Dec 2023 02:56
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1342

Actions (login required)

View Item View Item