PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA RODA PUTAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN BANYUBIRU 01

YESSY ROSSYANA GUSMAN, YESSY ROSSYANA GUSMAN (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA RODA PUTAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN BANYUBIRU 01. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
11. YESSY ROSSYANA GUSMAN.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Yessy Rossyana Gusman, 2023. Pengaruh Penggunaan Media Roda Putar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Banyubiru 01 Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Ungaran. Pembimbing Utama: Dra. Sri Widayati, M.Si, Pembimbing Pendamping: Atrianing Yessi Wijayanti, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa yang ditandai merasa bosan dan kurang bersemangat dalam pembelajaran IPA. Rumusan masalah nya yaitu adakah Pengaruh Penggunaan Media Roda Putar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Banyubiru 01. Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media roda putar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Banyubiru 01. Model penelitian ini menggunakan tipe Nonequivalent Control Group Desaign. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V di SDN Banyubiru 01. Siswa untuk kelas eksperimen yaitu 19 siswa sedangkan kelas kontrol yaitu 19 siswa. Sampel yang digunakan yaitu Simple Random Sampling dengan sampel 38 siswa. Penelitian ini dilaksankan pada tanggal 18-22 Maret 2023 di SDN Banyubiru 01. Variabel yang diteliti meliputi: media roda putar dan hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian yaitu teknik tes untuk mengukur hasil belajar IPA siswa kelas V. Pengujian hipotensis ini menggunakan uji t dengan melakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media roda putar berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Banyubiru 01. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan hasil uji hipotensis dengan rumus uji t, yaitu dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (5,10504>2,042) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada pengaruh penggunaan media roda putar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Banyubiru 01. Kata kunci: media roda putar, hasil belajar IPA

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 04 Dec 2023 02:53
Last Modified: 04 Dec 2023 02:53
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1341

Actions (login required)

View Item View Item