IMPLEMENTASI STRATEGI BELAJAR AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGY) DALAM MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV MATERI SHOLAT IDUL FITRI DI MI MLILIR BANDUNGAN TAHUN PELAJARAN 202

Siti Nurfitriana, Siti Nurfitriana (2023) IMPLEMENTASI STRATEGI BELAJAR AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGY) DALAM MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV MATERI SHOLAT IDUL FITRI DI MI MLILIR BANDUNGAN TAHUN PELAJARAN 202. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
Siti Nurfitriana FAI 2022.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK SITI NURFITRIANA. Implementasi Strategi Belajar Aktif (Active Learning Strategy) Dalam Mata Pelajaran Fiqih materi Sholat Idul Fitri Di MI Mlilir Bandungan Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Ungaran Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS,2022. Strategi Belajar Aktif (Active Learning Strategy) merupakan cara belajar mengajar yang mengoptimalkan keaktifan siswa. Jadi belajar aktif merupakan suatu proses pembelajaran dengan maksud untuk memperdayakan peserta didik agar mampu belajar dengan secara aktif. Fiqih merupakan salah satu mata pelajaran dalam Pendidikan Agama Islam yang bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik untuk mengenal,memahami,dan menghayati,khususnya dalam ibadah sehari-hari,yang kemudian menjadi landasan aturan hidup. 1. Untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran fiqih yang ada di MI Mlilir Bandungan. 2. Untuk mengeahui penerapan strategi belajar aktif (active learning strategy) terhadap mata pelajaran fiqih di MI Mlilir bandungan. 3.Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghaymbat stratvegi belajar aktif (active learning strategy) di mi mlilir bandungan Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui observasi,interview,dan dokumentasi. Teknik analisis datannya dengan cara mengorganisasikan data kedalam kategori,menjabarkan kedalam unit- unit,melakukan sintesa,memilih mana yang penting dan yang akan dipelajari, dan membuat kesimpulan. Hasil dari Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1. Pelaksanaan pembelajaran fiqih yang ada di Mi Mlilir Bandungan berjalan dengan baik. 2. Penerapan strategi belajar aktif (active learning strategy) dalam pembelajaran fiqih di Mi Mlilir Bandungan sudah meningkatkan keaktifan siswa dan pemahaman siswa. Hal ini bisa dilihat ketika mereka disuruh maju kedepan untuk mempraktekkan sholat idul fitri, mereka sudah bisa dan sesuai dengan tata carannya. 3. Faktor pendukung dan penghambat strategi belajar aktif (actitve learning strategy) ymang ada di mi mlili bandungan sesuai dari guru masing- masing dan dilengkapi dengan fasilitas mang mendukung. Kata Kunci : Strategi Belajar Aktif ( active learning strategy) ,Mapel Fiqi

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 02 Dec 2023 03:48
Last Modified: 02 Dec 2023 03:48
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1322

Actions (login required)

View Item View Item