Pola Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Anak Dalam keluarga Beda Agama (Studi Kasus 3 Keluarga Di Rw 03 Dusun Lerep Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat Tahun 2022)

Rofi’atul Khus, Rofi’atul Khus (2023) Pola Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Anak Dalam keluarga Beda Agama (Studi Kasus 3 Keluarga Di Rw 03 Dusun Lerep Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat Tahun 2022). Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
Rofi'atul Khusna FAI 2022.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK ROFI’ATUL KHUSNA. Pola Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Anak dalam Keluarga Beda Agama (Studi Kasus 3 Keluarga di RW 03 Dusun Lerep Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat Tahun 2022. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pola penanaman nilai- nilai pendidikan agama Islam pada anak dalam keluarga beda agama dan faktor yang mempengaruhi penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak dalam keluarga beda agama di RW 03 Dusun Lerep Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2022 dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara kepada tiga keluarga yang menganut keyakinan yang berbeda yaitu dalam keluarga Ibu Siti, Ibu Musiamah dan Ibu Maryati, serta menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dalam pola penanaman nilai-nilai agama Islam kepada anak, dalam tiga keluarga ini menggunakan tahapan-tahapan seperti: transformasi nilai, transaksi nilai dan traninternalisasi nilai. Dimana dalam setiap keluarga pada saat menanamkan dan memberikan pengetahuan tentang nilai agama Islam pada anak selalu menjelaskan terlebih dahulu apa yang diajarkan tentang hal yang baik dan tidak baik, kemudian memberi peluang anak untuk menanyakan tentang apa yang tidak mereka ketahui kemudian orang tua mencontohkan hal yang diajarkan sehingga anak mampu mengimplementasikan hal yang telah diajarkan, selanjutnya yaitu orang tua mendidik kepribadian anaknya sampai terbentuk kepribadian yang baik. Proses penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak dilakukan setiap anak mereka libur sekolah dan diwaktu senggang. Sedangkan metode dan cara yang dipakai didalam penanaman nilai agama Islam pada keluarga Ibu Siti dan Ibu Musiamah menggunakan metode ceramah dan keteladanan sedangkan keluarga Ibu Maryati menggunakan metode Pembiasaan. Faktor yang mempengaruhi Penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak dalam keluarga berbeda agama, yaitu ada faktor pendukung dan penghambat. Untuk faktor pendukung antara lain, toleransi/kebebasan memeluk agama dan sikap saling menghormati dalam keluarga, pembelajaran TPQ serta peran saudara dan kerabat. Sedangkan faktor penghambat antara lain, lingkungan sosial yang tidak mendukung Pendidikan Agama Islam. Kata Kunci:. Pola Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Anak dalam Keluarga Beda Agama

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 02 Dec 2023 03:32
Last Modified: 02 Dec 2023 03:32
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1317

Actions (login required)

View Item View Item