Seny Almawadah, Seny Almawadah (2023) IMPLEMENTASI METODE TALAQQI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ASPEK AL QUR’AN KELAS X BUSANA 2 DI SMK ISLAM SUDIRMAN 1 AMBARAWA TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.
Text
10.SKRIPSI_Seny Almawadah.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK SENY ALMAWADAH. Implementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Aspek Al Qur’an Kelas X Busana 2 Di SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa Tahun Ajaran 2023/2024. Skirpsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2023. SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mengamalkan ajaran Islam dengan menekankan moral agama sebagai pedoman hidup bermasyarakat serta didirikan untuk memberikan pengajaran dan pendidikan yang berkualitas pada ke Islamannya menggunakan suatu pendekatan atau metode dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui implementasi metode talaqqi dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi metode talaqqi mata pelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis keadaan yang diamati dilapangan, menggambarkan fenomena atau kenyataaan yang ada, peristiwa, sikap, persepsi, kepercayaan, aktifitas sosial baik bersifat alami maupun rekayasa manusia. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis datanya dengan cara mereduksi data. Penyajian data dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) implementasi metode talaqqi dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam terdiri dari tiga kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. menyatakan bahwa penerapan metode talaqqi yang diadakan di SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa ini adalah sangat bagus dan mendukung dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dikarenakan membantu dalam hal membaca al qur’an dengan kefasehannya. (2) faktor pendukungnya yang dihadapi meliputi faktor internal siswa yang terdiri dari aspek fisiologis yaitu yang berasal dari dalam diri (jasmani) siswa/siswi sendiri, aspek psikologis yaitu motivasi siswa, bakat siswa, sikap siswa dan kecerdasan siswa dan faktor eksternal dari luar siswa yakni kondisi lingkungan disekitar siswa. Sedangkan penghambatnya sendiri terdapat siswa yang masih belum jelas dalam pengucapan dikarenakan belum terbiasa dan masih menganggap hal ini belum begitu penting kemudian kendala terberat adalah ketika siswa mulai merasa malas dan tidak semangat untuk belajar Al Qur’an karena hal ini menghambat kemajuan dan perkembangan siswa dalam pembelajaran. Kata kunci: Metode Talaqqi, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 01 Dec 2023 06:55 |
Last Modified: | 01 Dec 2023 06:55 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1298 |
Actions (login required)
View Item |