Siti Riana, Siti Riana (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PASCA PANDEMI COVID-19 DI JJ OMAH TAHU SIDOMUKTI. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.
Text
26. SITI RIANA 1910104.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Tingkat persaingan dalam dunia bisnis menuntut setiap pemasaran untuk mampu melaksanakan kegiatan pemasaran dengan lebih efektif dan efisien. Kegiatan pemasaran tersebut membutuhkan sebuah konsep pemasaran yang mendasar sesuai dengan kepentingan pemasar dan kebutuhan serta keinginan pelanggan. Dalam menjalankan usaha, JJ Omah Tahu mengalami kendala pada volume penjualannya. Dengan rentang waktu sejak dibuka, volume penjualan di JJ Omah Tahu masih fluktuatif. JJ Omah Tahu merupakan restoran keluarga yang menyediakan berbagai olahan dari kedelai yang berkualitas yang berlokasi di Desa Sidomukti. Strategi pemasaran yang digunakan dalam penelitian ini meliputi strategi promosi, strategi pengemasan produk, strategi harga, dan strategi tempat (place). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang cocok untuk meningkatkan volume penjualan dan kendala yang di hadapi rumah makan JJ Omah Tahu. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek alamiah dimana peneliti adalah instrument kunci. Populasi dan pengambilan sampel dilakukan secara probability sampling dan simple random sampling. Didalam penelitian ini sampel yang di pilih terdiri dari 13 informan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Matriks IFAS, Matriks EFAS, Matriks SWOT dan diagram analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa JJ Omah Tahu berada diposisi kuadran I yang terletak pada titik (0,64 ; 0,39). Artinya situasi yang sangat menguntungkan. Perusahaan memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth oriented strategy). Contoh penerapan strategi tersebut adalah sebagai berikut: 1) Mempertahankan serta meningkatkan kualitas dan cita rasa JJ Omah Tahu agar dapat segera melakukan strategi penetrasi pasar (market penetration strategy), 2) Memaksimalkan akun sosial media dengan menambah akun baru (facebook) untuk memaksimalkan promosi , 3) Memperluas relasi bisnis seperti bekerjasama dengan dinas pariwisata daerah setempat, 4) Mencari pelanggan baru potensial untuk memperluas jangkauan pasar yang masih tersedia luas, 5) Mempertahankan produksi bahan baku untuk menghindari kekosongan bahan baku, 6) Mempromosikan produk JJ Omah Tahu ketika ada kegiatan acara di Balai Desa, 7) Menambah fasilitas sebagai pelengkap trend perkemahan ala JJ Omah Tahu melalui media sosial, dan 8) Menjalin kerjasama dengan wisata Umbul Sidomukti dan sekitarnya agar produk JJ Omah Tahu bisa dipasarkan di Wisata Sekitar. Kata Kunci : Volume Penjualan, Promosi, Pengemasan Produk, Harga, Tempat, Analisis SWOT
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 03:47 |
Last Modified: | 30 Nov 2023 03:47 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1257 |
Actions (login required)
View Item |