PENGARUH CITA RASA, PROMOSI, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MARTABAK FAVORIT DI UNGARAN

Jesica Febriana, Jesica Febriana (2023) PENGARUH CITA RASA, PROMOSI, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MARTABAK FAVORIT DI UNGARAN. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
10. Jesica Febriana NPM 19510020.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Martabak Favorit adalah usaha dibidang kuliner yang didirikan pada awal tahun 2019 yang terletak di Jl. RA Kartini 01, Sembungan, Ungaran Barat, Kab. Semarang. Dalam menjalankan usahanya Martabak Favorit masih berfluktuasi tingkat penjualannya. Permasalahan yang dihadapi Martabak Favorit diantaranya adalah cita rasa yang tidak konsisten, promosi yang belum dapat meningkatkan penjualan, kenaikan harga yang terjadi dan lokasi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif asosiatif. Penelitian asosiatif adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih dengan menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Teknik pengambilan data melalui pengamatan (observasi) dan kuesioner. Variabel independent yang digunakan dalam penelitian ini adalah cita rasa, promosi, harga dan lokasi sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 orang pembeli Martabak Favorit yang datang langsung ke tempat penjualan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini, dilakukan dengan menggunakan metode non probability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling (teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu). Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi, regresi, koefisien determinasi, uji hipotesis dengan uji t dan uji f. Hasil analisis menunjukan bahwa variabel cita rasa (X1) tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) dengan perolehan nilai t hitung (1,623) < t tabel (1,986) dan nilai signifikansi (0,108) > 0,05. Variabel promosi (X2) tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) dengan perolehan nilai t hitung (- 0,211) < t tabel (1,986) dan nilai signifikansi (0,834) > 0,05. Variabel harga (X3) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) dengan perolehan nilai t hitung sebesar 3,585 > t tabel 1,986 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Variabel lokasi (X4) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) dengan perolehan nilai t hitung sebesar 3,249 > t tabel 1,986 dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05. Hasil penelitian secara simultan diperoleh nilai F hitung 49,690 > F tabel 2,47 dan nilai signifikansi 0,000 kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05) artinya bahwa variabel cita rasa (X1), promosi (X2), harga (X3) dan lokasi (X4) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) Martabak Favorit di Ungaran. Kata kunci : Cita Rasa, Promosi, Harga, Lokasi dan Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 29 Nov 2023 06:03
Last Modified: 29 Nov 2023 06:03
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1234

Actions (login required)

View Item View Item