PENERAPAN HIDDEN CURRICULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI PESERTA DIDIK KELAS X SMA ISLAM SUDIRMAN KALIANGKRIK KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Indah, Slamet (2022) PENERAPAN HIDDEN CURRICULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI PESERTA DIDIK KELAS X SMA ISLAM SUDIRMAN KALIANGKRIK KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
SKRIPSI INDAH.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK INDAH SLAMET. Penerapan Hidden Curriculum Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik Kelas X SMA Islam Sudirman Kaliangkrik Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2021/2022. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1)Mengetahui penerapan hidden curiculum Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Sudirman Kaliangkrik kelas X dalam membentuk karakter Islami Peseta didik, (2)Mengetahui strategi dalam penerapan hidden curriculum Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter Islami peserta didik kelas X SMA Islam Sudirman Kaliangkrik, (3) Mengetahui hambatan-hambatan yang terjadi pada saat penerapan hidden curriculum Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter Islami peserta didik kelas X SMA Islam Sudirman Kaliangkrik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif (qualitative research), yaitu proses eksplorasi dan memahami perilaku individu atau kelompok, menggambarkan masalah sosial atau masalah kemanusiaan. Sumber data berasal dari data primer dan skunder. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan hidden curriculum PAI di SMA Islam Sudirman Kaliangkrik antara lain: (1)Penerapan hidden curriculum PAI yang pertama yaitu berupa, Hafalan surah dan asmaul khusna, Sholat dzuhur berjamaah, Kultum, Adzan, Tahlilan, Yasinan, Menyapa mengucapkan salam sesama teman atau kepada guru, (2)Strategi penerapan hidden curriculum antara lain: hafalan surah pendek dan membaca asmaul khusna dipimpin oleh guru, sholat dzuhur berjamaah dilakukan oleh semua warga sekolah dipimpin oleh guru laki-laki, kultum dilakukan setelah sholat dzuhur berjamaah, adzan dilakukan secara bergilir mulai dari kelas X, tahlilan setiap satu bulan sekali dipimpin oleh guru PAI, Yasinan dilakukan setiap satu bulan sekali. Menyapa dan mengucapkan salam dari mulai guru yang memberikan teladan, (3)Hambatan penerapan hidden curriulum antara lain: beberapa anak masih lemah dalam mengingat dan membaca, hambatan dari tempat aula yang sempit untuk sholat berjamaah, beberapa anak belum bisa percaya diri untuk kultum, ketika dapat jatah adzan masih ada beberapa anak yang suka menghindar dengan berbagai alasan, beberapa anak belum bisa memimpin tahlil dan yasinan, beberapa anak masih malu dalam menyapa teman atau guru. Kata Kunci : Karakter, Hidden Curriculum Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 29 Nov 2023 02:09
Last Modified: 29 Nov 2023 02:09
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1219

Actions (login required)

View Item View Item