STRATEGI BISNIS RIAS PENGANTIN BERBASIS ANALISIS SWOT ( Studi Pada Sanggar Rias Candhik Ayu Soediran Kota Semarang )

Nadia Ayu Rahmawati, Nadia Ayu Rahmawati (2022) STRATEGI BISNIS RIAS PENGANTIN BERBASIS ANALISIS SWOT ( Studi Pada Sanggar Rias Candhik Ayu Soediran Kota Semarang ). Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
SKRIPSI NADIA AYU RAHMAWATI 18510097.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi bisnis merupakan strategi yang harus dimiliki oleh suatu bisnis, strategi pemasaran merupakan salah satu jenis strategi bisnis yang dapat digunakan untuk memenangkan persaingan. Persaingan bisnis saat ini membuat semua bisnis harus bisa mengikuti persaingan yang ada, bahkan memenangkan persaingan, bagi bisnis Sanggar Rias Candhik Ayu Soediran dilihat dari aspek bauran pemasaran yaitu 7P product, price, promotions, people, place, process, dan physical evidence. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor internal dan eksternal bisnis, untuk mengetahui posisi bisnis, dan untuk menentukan implementasi strategi bisnis yang sesuai dengan kondisi perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi dan sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah orang yang dianggap tahu tentang kondisi bisnis Sanggar Rias Candhik Ayu Soediran yang berjumlah 6 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan Analisis SWOT yang meliputi analisis SWOT kualitatif, matriks IFE, matriks EFE dan matriks grand strategy. Hasil Analisis menunjukkan posisi bisnis berdasarkan tabel analisis SWOT berada pada posisi bisnis dengan strategi SO yaitu penggabungan strategi dengan menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. Hasil perhitungan matriks IFE yaitu skor tertimbang untuk faktor kekuatan berjumlah 1,92, skor tertimbang faktor kelemahan berjumlah 1,22 menunjukkan bahwa faktor kekuatan lebih kuat daripada faktor kelemahan , perhitungan matriks EFE yaitu skor tertimbang untuk faktor peluang berjumlah 2,00, skor tertimbang faktor ancaman berjumlah 1,52 menunjukkan bahwa faktor peluang lebih kuat dari faktor ancaman. Berdasarkan hasil analisis Matriks Grand Strategy menunjukkan bahwa bisnis berada pada kuadran I strategi yang cocok adalah integrasi vertikal dan strategi SO, yaitu dengan menciptakan produk baru sendiri, memperkuat promosi, menjalin hubungan baik dengan pelanggan, dan mempertahankan kualitas produk yang baik dan pelayanan yang baik untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Kata Kunci : Strategi bisnis, pemasaran, 7P, Analisis SWOT `Z

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 25 Oct 2023 09:06
Last Modified: 25 Oct 2023 09:06
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1027

Actions (login required)

View Item View Item