JULIA AGUSTINA, JULIA AGUSTINA (2022) PENGARUH KUALITAS LAYANAN, HARGA DAN KEPERCAYAAN TERHADAP WORD OF MOUTH PENGGUNA OJEK ONLINE GOJEK DI KEC. UNGRAN BARAT KAB. SEMARANG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.
Text
SKRIPSI JULIA AGUSTINA_18510094.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Word of mouth adalah seseorang yang telah mengomsumsi suatu produk, yang selanjunya melakukan rekomendasi atau promosi dari mulut kemulut dan merupakan ciri khusus dari promosi produk jasa. word of mouth memiliki pengaruh dan dampak yang besar pada perusahaan jasa, word of mouth dapat membantu perusahaan dalam peningkatan citra perusahaan di benak konsumen dan berakibat pada kepercayaan pelanggan untuk mengkonsumsi kembali produk jasa tersebut Rendy (2016). Hal yang sering menjadi masalah word of mouth Gojek yang berakhir menjadi berita negatif adalah banyaknya berita negatif mengenai Gojek tersebar dimedia sosial, hal tersebut terjadi karena salah satu konsumen tidak merasa puas. Faktor penting untuk mendukung terciptaya word of mouth diantaranya adalah kualitas layanan, harga, dan kepercayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas layanan, harga dan kepercayaan terhadap word of mouth Gojek di Kec. Ungaran Barat Kab. Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel diperoleh sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diolah menggunkaan SPSS 25. Pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji korelasi, uji regresi. Selanjutnya pengujian hipotesis menggunakan koefisien determinasi, Uji t dan uji F Kualitas layanan, harga dan kepercayaan secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap word of mouth dengan nilai koefisien korelasi masing-masing untuk kualitas layanan 0,702, harga 0,685 dan kepercayaan 0,729 yang apabila diinterprestasiakan memiliki arti kuat. Kualitas layanan, harga dan kepercayaan juga memiliki pengaruh positif terhadap word of mouth dengan nilai koefisien regresi masing masing untuk kualitas layanan 0,756, harga 0,596 dan kepercayaan 0, 829. Hasil uji hipotesis menunjukan variabel kualitas layanan berpengaruh terhadap word of mouth dengan hasil perhitungan nilai thitung 3,025> ttabel 1,984 serta nilai signifikan 0,003<0,05. Variabel harga tidak memiliki pengaruh terhadap word of mouth dengan hasil perhitungan nilai thitung 1,770< ttabel 1,984 serta nilai signifikan 0,080>0,05. Variabel kepercayaan memiliki pengaruh terhadap word of mouth dengan hasil perhitungan nilai thitung 3,622> ttabel 1,984 serta nilai signifikan 0,000<0,05. Sedangkan hasil pengujian secara simultan kualitas layanan, harga dan kepercayaan memiliki pengaruh secara bersama sama terhadap word of mouth yang ditunjukkan hasil uji determinasi sebesar 60% dan nilai Fhitung50,403> Ftabel 2,71 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Kata kunci : Kualitas Layanan, Harga, Kepercayaan dan Word Of Mouth.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 08:46 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 08:46 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1022 |
Actions (login required)
View Item |