UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI PENERAPAN ALAT PERAGA SYSTEM ORGAN PERNAPASAN BOX (SOPB) PADA SISWA KELAS V SD N KALIGLAGAH KECAMATAN KEMIRI KABUPATEN PURWOREJO

TEGUH PAMUJI RAHAYU, TEGUH PAMUJI RAHAYU (2022) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI PENERAPAN ALAT PERAGA SYSTEM ORGAN PERNAPASAN BOX (SOPB) PADA SISWA KELAS V SD N KALIGLAGAH KECAMATAN KEMIRI KABUPATEN PURWOREJO. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text (SKRIPSI FKIP/PGSD)
TEGUH PAMUJI RAHAYU PGSD 2023.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Rahayu, Teguh Pamuji. 2022. Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Penerapan Alat Peraga System Organ Pernapasan Box (SOPB) Pada Siswa Kelas V SDN Kaliglagah Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Ungaran. Pembimbing Utama: Drs. Moh. Fakih, M.Si., Pembimbing pendamping: Puji Winarti, M.Pd. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Rumusan masalahnya yaitu apakah penerapan alat peraga SOPB dapat meningkatkan motivasi belajar IPA materi sistem organ pernapasan manusia pada siswa kelas V SD Negeri Kaliglagah Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan yaitu model penelitian tindakan kelas. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SD Negeri Kaliglagah yang berjumlah 14 anak. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 12 September sampai 22 September tahun 2022 di SD Negeri Kaliglagah. Teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik kuantitatif yaitu lembar observasi untuk mengamati motivasi belajar siswa. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif yaitu untuk menganalisis data aktifitas siswa dan keterampilan guru. Berdasarkan kriteria penelitian dengan nilai klasikal motivasi belajar siswa minimal 75%, hasilnya menunjukkan bahwa melalui penerapan alat peraga sistem organ pernapasan box (SOPB) dapat meningkatkan motivasi belajar terhadap pelajaran IPA pada siswa kelas V di SD Negeri Kaliglagah. Hal ini ditunjukan dengan meningkatnya presentase motivasi klasikal pada setiap siklusnya, sebagai berikut:motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 57,14%, siklus II menjadi 71,42%, dan siklus III meningkat menjadi 92,85% dengan kriteria sangat baik. Besarnya peningkatan motivasi belajar siswa terhadap pelajaran IPA dari siklus I ke siklus III yaitu 7 siswa atau 41,71%. Peningkatan motivasi belajar siswa diikuti dengan peningkatan keaktifan siswa, sebagai berikut keaktifan siswa pada siklus I sebesar 64,06%, siklus II menjadi 71,87%, dan siklus III meningkat menjadi 85,93% dengan kriteria sangat baik peningkatan keaktifan siswa dari siklus I sampai siklus III sebesar 21,87 %. Peningkatan ketrampilan guru pada siklus I sebesar 65,62, siklus II menjadi 73,43 , dan siklus III meningkat menjadi 87,5 dengan kriteria sangat baik, peningkatan ketrampilan guru dari siklus I sampai siklus III sebesar 21,88. Kata kunci: Alat peraga sistem organ pernapasan box (SOPB), Motivasi belajar IPA v ABSTRACT Rahayu, Teguh Pamuji. 2022. Efforts to Increase Student Learning Motivation in Science Subjects Through Application of Box Respiratory Organ System (SOPB) Teaching aids for Class V Students at SDN Kaliglagah, Kemiri District, Purworejo Regency. Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Darul Ulum University Islamic Center Sudirman GUPPI Ungaran. Main Advisor: Drs. Moh. Fakih, M.Sc., Companion Advisor: Puji Winarti, M.Pd. This research is motivated by the low motivation of students in learning science. The formulation of the problem is whether the application of SOPB teaching aids can increase motivation to learn science material for human respiratory organ systems in fifth grade students of SD Negeri Kaliglagah, Kemiri District, Purworejo Regency, for the 2022/2023 academic year. The type of research used is the classroom action research model. The research subjects were the fifth grade students of SD Negeri Kaliglagah, totaling 14 children. This research was conducted from September 12 to September 22, 2022 at Kaliglagah Public Elementary School. The data collection technique is by using quantitative techniques, namely observation sheets to observe student learning motivation. Data analysis used a qualitative descriptive technique, namely to analyze student activity data and teacher skills.. Based on the research criteria with a classical value of students' learning motivation of at least 75%, the results show that through the application of the box respiratory organ system (SOPB) visual aid can increase learning motivation towards science lessons in fifth grade students at SD Negeri Kaliglagah. This is indicated by the increasing percentage of classical motivation in each cycle, as follows: student motivation in cycle I was 57.14%, cycle II became 71.42%, and cycle III increased to 92.85%. The magnitude of the increase in students' learning motivation towards science lessons from cycle I to cycle III was 7 students or 41.71%.The increase in student motivation was followed by an increase in student activeness, as follows: student activeness in cycle I by 64.06%, cycle II to 71.87%, and cycle III increased to 85.93% increase in student activeness from cycle I to cycle III by 21.87%. The increase in teacher skills in cycle I was 65.62, cycle II to 73.43, and cycle III increased to 87.5, an increase in teacher skills from cycle I to cycle III of 21.88. Key words: Box respiratory organ system (SOPB), Motivation to learn science.

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: LIBRARY UNDARIS -
Date Deposited: 20 Oct 2023 09:15
Last Modified: 20 Oct 2023 09:15
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/965

Actions (login required)

View Item View Item