ANALISIS DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM ALUMINIUM ANIS JAYA KABUPATEN DEMAK

Muhammad, Saiful Anwar (2023) ANALISIS DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM ALUMINIUM ANIS JAYA KABUPATEN DEMAK. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, Undaris.

[img] Text
11. Skripsi M. Saiful Anwar.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan dunia digital yang semakin cepat, membuat pelaku Usaha memodifikasi cara pemasaran yang dahulunya bersifat offline (papan reklame, tatap muka dan lain sebagainya) menjadi pemasaran yang bersifat online. Hal ini tidak hanya dilakukan oleh pelaku usaha besar namun juga oleh pelaku Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Strategi pemasaran sangat diperlukan oleh pelaku usaha sebagai ujung tombak yang akan mempengaruhi kelangsungan hidup usaha tersebut. Dalam hal ini UMKM Alumunium Anis Jaya yang berada di Desa Sumberejo menggunakan marketing mix dalam menjalankan usahanya sebagai dampak dari perkembangan dunia digital yang semakin pesat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan digital marketing yang dilakukan oleh UMKM Alumunium Anis Jaya dan kendala apa saja yang dihadapi dalam penerapan digital marketing tersebut. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Populasi dan sample dipilih menggunakan teknik purposive sampling, sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemilik dan beberapa karyawan di UMKM alumunium Anis Jaya, konsumen, pesaing, dan reseller yang semuanya berjumlah 12 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, observasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan Analisis SWOT yang meliputi analisis SWOT kualitatif, Matriks IFE, Matriks EFE dan matriks grand strategy. Hasil analisis menunjukan posisi bisnis berdasarkan analisis SWOT kualitatif berada di posisi bisnis SO yaitu penggabungan strategi dengan menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. Hasil perhitungan matriks yaitu skor tertimbang untuk faktor kekuatan yaitu berjumlah 1,59, skor tertimbang faktor kelemahan 1,31, menunjukan bahwa faktor kekuatan lebih kuat daripada faktor kelemahan, perhitungan matriks EFE yaitu skor tertimbang untuk faktor peluang berjumlah 1,68, skor tertimbang untuk faktor ancaman berjumlah 1,09 menunjukan bahwa faktor peluang lebih kuat dari faktor ancaman berdasarkan hasil dari diagram SWOT. Hasil yang didapat menunjukkan UMKM ini berada pada kuadran growth dimana kuadran tersebut merupakan situasi yang sangat menguntungkan. Perusahaan memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan agresif (Growth Oriented Strategy). Strategi ini menandakan perusahaan yang kuat dan mampu untuk berkembang dengan mengambil kesempatan atau peluang yang ada untuk meraih omset yang maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 20 Oct 2023 07:54
Last Modified: 20 Oct 2023 07:54
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/964

Actions (login required)

View Item View Item