PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA TERHADAP KEDISIPLINAN BERAGAMA SISWA KELAS IX DI SMP PERSATUAN SALAMAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Ahmad Mizan Asrori, Mizan Asrori (2023) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA TERHADAP KEDISIPLINAN BERAGAMA SISWA KELAS IX DI SMP PERSATUAN SALAMAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
32. Ahmad Mizan Asrori-19610041.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Ahmad Mizan Asrori. Pengaruh Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga Terhadap Kedisiplinan Beragama Siswa Kelas IX SMP Persatuan Salaman Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2023. Generasi muda yang berpendidikan, berprestasi, beraqidah yang baik diharapkan mampu membawa negeri ini menghadapi persaingan global, khususnya dalam pendidikan Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui pendidikan agama Islam dalam keluarga siswa kelas IX SMP Persatuan Salaman; (2) untuk mengetahui kedisiplinan beragama siswa kelas IX SMP Persatuan Salaman; (3) untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh pendidikan agama Islam dalam keluarga terhadap kedisiplinan beragama siswa kelas IX SMP Persatuan Salaman. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kuantitatif. Lokasi penelitian di SMP Persatuan Salaman. Variable dalam penelitian ini yaitu pendidikan agama Islam dalam keluarga (x) dan kedisiplinan beragama siswa (y). Sampling dalam penelitian ini berjumlah 24 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket. Hasil penelitian ini menunjukan : (1) Pendidikan agama dalam keluarga siswa kelas IX SMP Persatuan Salaman tahun ajaran 2022/2023 termasuk dalam kategori cukup baik, berikut rata-rata nilai angketnya adalah 52,89 pada interval 51-60; (2) Kedisiplinan beragama siswa kelas IX SMP Persatuan Salaman tahun ajaran 2022/2023 termasuk dalam kategori cukup baik, terbukti rata-rata nilai angketnya 50,29 pada interval 51-60; (3) Ada hubungan pengaruh yang disignifikasikan dari pengaruh pendidikan agama Islam dalam keluarga terhadap kedisiplinan beragama siswa dari hasil pengujian hipotesis menunjukan pada tarif signifikasi 5% dan 1% rhitung kurang dari rtabel, yakni signifikasi 5% hasilnya 0,996 lebih besar 0,4044 dan signifikasi 1% hasilnya 0,996 lebih besar 0,5151) yang artinya rhitung masih lebih besar dari rtabel dan termasuk dalam kategori “sangat kuat” hubungan antara kedua variabel tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh pendidikan agama Islam dalam keluarga signifikan terhadap kedisiplinan beragama siswa kelas IX SMP Persatuan Salaman tahun ajaran 2022/2023. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima Kata kunci : pendidikan, kedisiplinan beragama

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 20 Oct 2023 07:09
Last Modified: 20 Oct 2023 07:09
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/950

Actions (login required)

View Item View Item