IMPLEMENTASI METODE QIROATI TERHADAP PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MI YASPI KAPONAN TAHUN AJARAN 2022-2023

Tri, Susanti (2023) IMPLEMENTASI METODE QIROATI TERHADAP PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MI YASPI KAPONAN TAHUN AJARAN 2022-2023. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
30. TRI SUSANTI REV.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK TRI SUSANTI. Implementasi Metode Qiroati terhadap Pembelajaran Al�Qur’an Hadits di MI YASPI Kaponan Tahun Ajaran 2022-2023. Skripsi. Ungaran. Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS. 2023. Sebagai umat Islam wajib mempelajari Al-Qur’an. Salah satu metodenya adalah Qiroati. MI YASPI Kaponan sebagai lembaga pendidikan dasar berciri khas agama Islam menjadikan pembelajaran Al-Qur’an Hadits sebagai pelajaran penting. Sebagai dasar pembelajaran Al-Qur’an Hadits tentu harus bisa membaca Al-Qur’an. Untuk itu dipilihlah metode Qiroati sebagai metode pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode Qiroati terhadap pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MI YASPI Kaponan tahun ajaran 2022-2023 dan mengetahui faktor pendukung serta penghambat implementasi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengambilan data menggunakan interview, observasi dan dokumentasi serta analisis data menggunakan metode triangulasi. Sumber data yang digunakan adalah dari Kepala Sekolah, guru penanggung jawab implementasi Qiroati, juga guru dan siswa pembimbing dan pen-tashih. Juga observasi lapangan dan dokumentasi kegiatan, data dan arsip yang ada. Hasil penelitian adalah: (1) Metode Qiroati telah diimplementasikan selama kurang lebih satu setengah tahun. Implementasinya dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits sesuai jadwal tiap kelas dan membaca Al-Qur’an (tadarus) bersama setiap hari setelah sholat Dhuhur berjamaah. (2) Faktor pendukung diperoleh dari sesama MI maupun pondok pesantren, dan dari guru, orangtua siswa maupun siswa sendiri. Sedangkan faktor penghambat yaitu tidak ada guru yang menguasai Qiroati, sehingga harus mendatangkan pelatih dari luar. Dalam implementasinya ada hambatan yaitu keterbatasan waktu pembelajaran Al�Qur’an Hadits. Juga cara pelafalan siswa yang harus diperbaiki dengan makhrojul huruf yang benar. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa metode Qiroati dapat memudahkan siswa dalam belajar membaca Al-Qur’an dan meningkatkan daya tangkap siswa dalam menerima dan memahami pelajaran Al-Qur’an Hadits. Kata kunci: Qiroati, MI.

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 20 Oct 2023 07:03
Last Modified: 20 Oct 2023 07:03
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/948

Actions (login required)

View Item View Item