IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIQIH MATERI SHALAT DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU MA’ARIF MA’AHIDUL IRFAN BANDONGAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2022/2023

Sainudin, Pati (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIQIH MATERI SHALAT DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU MA’ARIF MA’AHIDUL IRFAN BANDONGAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
27. SAINUDIN PATI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK SAINUDIN PATI. 18610035. Implementasi Pembelajaran Fiqih Materi Shalat Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ma’arif Ma’ahidul Irfan Bandongan Magelang Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2023. Pendidikan merupakan salah satu hal yang penting dalam kehidupan setiap manusia. Pendidikan dijadikan alat dalam pembentukan serta pembinaan sikap dan mental manusia. Pendidikan agama merupakan yang paling utama untuk diajarkan dengan tujuan agar anak memiliki kekuatan spiritual yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kualitatif. Lokasi penelitian di SDIT Ma’arif Ma’ahidul Irfan Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang tahun 2022/ 2023. Tujuan dari penelitian ini, adalah: (1) Untuk mengetahui implementasi pembelajaran fiqih materi shalat di SDIT Ma’arif Ma’ahidul Irfan Bandongan Magelang Tahun Ajaran 2022/2023; (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran fiqih materi shalat di SDIT Ma’arif Ma’ahidul Irfan Bandongan Magelang Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu suatu peneliti bertindak langsung sebagai instrumen dan sebagai pengumpul data dari hasil observasi yang mendalam. Data yang berbentuk kata�kata diambil dari para informan atau responden pada waktu mereka diwawancarai, sedangkan data tambahan berupa catatan lapangan. Keseluruhan data tersebut selain diperoleh melalui wawancara, juga didapatkan dari observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Bagaimana implementasi pembelajaran fiqih materi shalat: (a)Perencanaan Pembelajaran Fiqih Materi Shalat sudah sesuai dengan rencana pembelajaran. (b) Pelaksanaan Pembelajaran Fiqih Materi Shalat sudah sesuai dengan prosedur pembelajaran yang mengacu kepada rencana pembelajaran. (c) Evaluasi pembelajaran fiqih materi shalat dilaksanakan melalui penilaian autentik yaitu penilaian yang sesuai dengan kurukulum yang berlaku saat ini. Mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyajikan, menyimpulkan, dan mencipta. (2) Faktor Pendukung Dan Penghambat Implementasi Pembelajaran Fiqih Materi Shalat: a) Faktor Pendukung, Upaya guru dalam meningkatkan pelaksanaan shalat, sarana buku harian shalat siswa, peran dari pada orang tua, perlombaan agar menstimulus para siswa, sehingga lebih giat lagi dalam melaksanakan ibadah shalat dalam sehari-harinya. b) Faktor Penghambat, Kendala yang ditemui yakni terkadang masih adanya murid yang malas melaksanakan shalat, kurangnya kepedulian sebagian orang tua dalam memantau pelaksanaan shalat takala mereka berada di rumah. Kata kunci: Implementasi Pembelajaran Fiqih, Shalat

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 20 Oct 2023 06:49
Last Modified: 20 Oct 2023 06:49
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/943

Actions (login required)

View Item View Item