KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT SYEKH ABDUL QADIR AL JAELANI DAN PENERAPANNYA DI MI YASPI KAPONAN TAHUN 2022/2023

Puji, Astuti (2023) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT SYEKH ABDUL QADIR AL JAELANI DAN PENERAPANNYA DI MI YASPI KAPONAN TAHUN 2022/2023. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text (Skripsi)
23. PUJI ASTUTI.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Puji astuti. 19610052.konsep pendidikan akhlak syekh abdul qodir al jaelani dan penerpanya di MI Yaspi Kaponan tahun 20222/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan akhlak yang diterapkan oleh Syekh Abdul Qodil Al Jaelani dimasanya dan untuk mengetahui implementasi konsep pendidikan akhlak menurut Syekh Abdul Qodir Al Jaelani.Jenis Peneleitian ini adalah penelitian kualitatif diskriptif yaitu melakukan wawancara kepada sebuah subyek dalam hal ini yang menjadi subyek adalah seluruh warga dari MI Yaspi Kaponan.Adapun tehnik pengumpulan data dilakuakan pertama dengan menggunakan observasi dengan melaukakn penelitian di lapangan,yang kedua dengan melakukan wawancara kepada beberapa informan untuk menghasilkan sebuah data yang relevan dan yang ketiga dengan menggunakan dokumentasi sebagai langkah pengumpulan data terkait objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan menurut pemikiran Syekh Abdul Qodil Al Jaelani yaitu: Seseorang harus memiliki aqidah yang lurus,dapat mengendalikan diri untuk tidak berselisih dengan gurunya,senantiasa beristighfar kepada Alloh SWT,harus tetap bersikap baik dan santun kepada gurunya.Implementasinya terhadap pendidikan akhlak adalah akan terbentuknya Akhlakul Karimah pada setiap murid.Konsep terserbut yang diterapkan di MI Yaspi Kaponan dalam proses belajar mengajar dan dalam kehidupan bermasyarakat dilingkup MI Yaspi Kaponan,meskipun demikian konsep yang digunakan tetap mengedepankan relevansi di kehidupan jaman sekarang,sehingga konsep pendidikan akhlak yang sukses di pergunakan Syekh Abdul Qodir Al Jaelani pada masanya menjadi konsep pendidikan yang sangat membantu tercapainya tujuan pendidikan akhlak di MI Yaspi Kaponan. Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Syekh Abdul Qadir Al Jaelani menjelaskan bahwa apa saja pendidikan akhlak yang harus dimilki seorang murid kepada gurunya. Adapun beberapa kitabnya menerangkan bahwa pendidikan akhlak yang menjadi pedomanya: a.Seorang murid seharusnya memiliki akidah yang lurus. b. Seorang murid harus bisa mengendalikan diri untuk tidak berselisih dengan gurunya. c. Bila ia melihat ada kekeliruan dalam hal agama pada gurunya, murid hendaknya memberitahukan dengan cara yang baik. d. Menutup aib gurunya.e. Meminta ampunan atau beristighfar kepada Allah SWT jika kekeliruan guru tidak dapat dimaafkan secara agama. f. Harus tetap bersikap baik dan santun kepada gurunya. g. Berbicara di depan sang guru sangat tidak dianjurkan kecuali saat keadaannya terpaksa. h. Menutupi kelemahan serta kekurangan pada gurunya. i. Ketika guru menjelaskan suatu ilmu, murid tidak dibenarkan untuk bergerak. j. Harus yakin tidaklah ada satupun seseorang yang lebih banyak ilmunya dari sang guru di daerahnya itu. k. Tidak boleh menentang gurunya, baik secara terang-terangan maupun tersirat. l. Tidak dianjurkan meminta kemudahan untuk melaksanakan hal yang dilarang gurunya ,Tunduk serta patuh dalam melaksanakan perintah guru. Kata Kunci : Konsep Pendidikan Akhlak,Penerapanya di MI YASPI Kaponan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 20 Oct 2023 04:35
Last Modified: 20 Oct 2023 04:35
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/938

Actions (login required)

View Item View Item