ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK KERAJINAN PADA CV. RAFA AZKA PUTRA DI DESA BEDONO KECAMATAN JAMBU

Arifia, Widia Sari (2023) ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK KERAJINAN PADA CV. RAFA AZKA PUTRA DI DESA BEDONO KECAMATAN JAMBU. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, Undaris.

[img] Text
7. Jurnal Arifia W.S.pdf

Download (579kB)

Abstract

ABSTRAK Usaha Kecil, Menengah dan Mikro (UMKM) memegang peranan penting dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Salah satu UMKM tersebut berada di Desa Bedono, Dusun Wonokasihan, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang milik CV. Azka Rafa Putra yang bergerak di bidang kerajinan kuningan. Banyaknya UMKM yang bergerak di bidang sejenis dan menghasilkan produk yang serupa di Dusun Wonokasihan membuat penjualan produk menurun. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor internal dan eksternal terkait permasalahan yang terjadi dan menentukan strategi yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang dialami CV. Azka Rafa Putra. Jenis penelitian ini Penelitian kualitatif. Sampel dalam penelitian diambil menggunakan teknik probability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, arsip-arsip yang ada di CV. Azka Rafa Putra dan didukung dengan studi literatur yang berhubungan topik yang sama. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT, yang digunakan untuk mengembangkan potensi pada organisasi serta untuk mengetahui faktor internal maupun faktor eksternal organisasi. Hasil analisis SWOT yang telah di lakukan pada CV. Azka Rafa Putra dapat di ketahui bahwa CV. Azka Rafa Putra berada diposisi kuadran IV yang berarti mempunyai banyak ancaman dibandingkan peluang namun mempunyai banyak kekuatan pada sumberdaya internal. Strategi yang sesuai untuk perusahaan yang berada pada kuadran IV adalah strategi Integrasi horizontal, Diversifikasi Konsentris dan Joint Venture. Adapun kebijakan yang dapat diambil CV. Azka Rafa Putra dari segi harga yaitu memberikan potongan harga atau buy 1 get 1, strategi premium pricing dan membangun brand image. Sedangkan kebijakan yang dapat diambil CV. Azka Rafa Putra dari segi kualitas yaitu memberikan kualitas bahan terbaik agar produk tidak mudah patah dan rusak, memberikan jaminan garansi produk dan menghasilkan produk menarik & berbeda dari sebelumnya. Kata Kunci: Analisis SWOT, Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk, Harga, Omset Perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 20 Oct 2023 04:34
Last Modified: 20 Oct 2023 04:34
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/937

Actions (login required)

View Item View Item