IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA AL�QUR’AN MELALUI METODE IQRA’ DI TPQ DARUL HIKMAH KYAI ABDAN PAKIS MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Nuzulia, Rachmawati (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA AL�QUR’AN MELALUI METODE IQRA’ DI TPQ DARUL HIKMAH KYAI ABDAN PAKIS MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
22. NUZULIA RACHMAWATI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nuzulia Rachmawati. 19610062. Implementasi Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Iqra’ di TPQ Darul Hikmah Kyai Abdan Tahun Ajaran 2022/2023. Tujuan Penelitian ini untuk (1) mengetahui implementasi pembelajaran membaca Al-Qur’an Melalui Metode Iqra’di TPQ Darul Hikmah Kyai Abdan 2022/2023 (2)mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran membaca Al-Qur’an melalui metode Iqra’di TPQ Darul Hikmah Kyai Abdan Tahun Pelajaran 2022/2023 Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif deskriptif, yaitu suatu penelitian yang ditunjukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas social, sikap, kepercayaan, persepsi, dan pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Sumber data berasal dari data primer danm sekunder pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknis analisis datanya dengan cara mereduksi data, display dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam meningkatkan bahwa 1)implementasi pembelajaran membaca Al-Qur’an melalui metode Iqra’di TPQ Darul Hikmah Kyai Abdan telah terlaksana dengan baik. Karena lingkungannya yang cukup kondusif, metode pembelajaran yang inovatif dan modern serta didukung oleh sarana dan prasarana yang baik di TPQ. Adapun ada sebagian santri yang belum memahami ilmu Tajwid dan lancar dalam membaca Al-Qur’an sesuai makhraj itu tergantung dari individu santri itu dalam memahami pembelajaran iqra’. Implementasi pembelajaran membaca Al-Qur’an melalui metode Iqra’ Sudah tertulis didalam rencana kegiataan harian (RKH). Pelaksanaan membaca Al-Qur’an di TPQ Darul Hikmah Kyai Abdan namun masih terdapat kekurangan dalam pelaksanaanya. Evaluasi pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode Iqra’ di TPQ Darul Hikmah Kyai Abdan dapat dikatakan sudah terlaksana secara baik. Terbukti dengan hafalan-hafalan santri yang selalu meningkat setiap harinya. metode klasikal, Privat dan CBSA dengan Talaqii 2) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an melalui metode Iqra’yaitu pertama faktor pendukung Motivasi belajar santri sendiri dan itulah yg menjadi kekuatan dalam diri santri (energy) yang mendorong santri melakukan usaha-usaha mencapai tujuan belajar, disamping itu menunjukkan adanya orientasi santri/arah tingkah laku santri pada pencapaian tujuan belajar. Sedangkan untuk penghambat yaitu kurangnya minat belajar santri dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Al-Qur’an. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Al-Qur’an melalui Iqra’

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 20 Oct 2023 04:27
Last Modified: 20 Oct 2023 04:27
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/935

Actions (login required)

View Item View Item