KETERKAITAN KECERDASANEMOSINONAL SISWA DALAM TERWUJUDNYA PEMBELAJARAN ALQURAN HADIS YANG EFEKTIF KELAS VIII A DI MTs YASPI PAKIS TAHUN AJARAN 2022/2023

Karomatun, Isnaeni (2023) KETERKAITAN KECERDASANEMOSINONAL SISWA DALAM TERWUJUDNYA PEMBELAJARAN ALQURAN HADIS YANG EFEKTIF KELAS VIII A DI MTs YASPI PAKIS TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
14. KAROMATUN ISNAENI (REPO).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK KAROMATUN ISNAENI 19610035 “Keterkaitan Kecerdasan Emosional siswa dalam terwujudnya pembejalaran alqu’an hadits kelas VIII A di MTs Yaspi Pakis”. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2023 Kecerdasan emosi adalah kemapuan mengenali perasaan kita sendiri dan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri, dan kemampuan mengatasi emosi pada diri sendiri dan dalam hubungannya dengan orang lain.kecerdasan emosional dianggap sebagai faktor penting dalam terbentuknya kesuksesan orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1)Untuk mengetahui keterkaitan kecerdasan emosional siswa dalam terwujudnya pembelajaran yang efektif di kelas VIII A di MTs Yaspi Pakis. (2)Untuk mengatahui apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung didalam pembelajaran Alqur’an Hadis di kelas VIII A di MTs Yaspi Pakis. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif . bentuk penelitian yang bersifat mendeskripsikan makna atau fenomena yang dapat ditangkap oleh peneliti dengan menunjukkan bukti�buktiya. Teknik pengambilan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan teknik reduksi data. Lokasi penelitian di MTs Yaspi Pakis Hasil penelitian ini adalah 1. Keterkaitan kecerdasan emosional dalam terwujudnya pembelajaran Alqur’an Hadits terbentuk dengan pendidikan akhlak sehingga juga disebut dengan istilah kognitif qalbiyah, yaitu kemampuan hati (qalbu) dalam mengendalikan segala perilaku (nafs). 2. Faktor pendukung pembelajaran Alqur’an Hadis adalah Adanya sarana dan prasarana, adanya media pembelajaran yang mendukung kegiatan pembelajaran, Adanya minat dari siswa dan adanya inovasi pembelajaran dari guru. Sedangkan faktor yang menghambat tercapainya pembelajaran Alqur’an Hadits ialah Kurangnya minat belajar siswa dan durasi jam pembelajaran yang kurang. Kata kunci : Kecerdasan Emosional , Alqur’an Hadits.

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 20 Oct 2023 03:36
Last Modified: 20 Oct 2023 03:36
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/923

Actions (login required)

View Item View Item