PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBING PROMTING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA YAJRI PAYAMAN SECANG MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Ibnu, Sodiq (2023) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBING PROMTING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA YAJRI PAYAMAN SECANG MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
12. IBNU SODIQ.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Ibnu Sodiq. Penerapan Metode Pembelajaran Probing Promting Untuk Meningkatkan Keaktifan belajar dan pemahaman siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Fiqih di Ma Yajri Payaman Secang Magelang Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan yaitu rendahnya keaktifan dan pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih dikelas XI MA Yajri Payaman. Hal ini terlihat dari perolehan skor rata-rata siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 37% sementara KKM yang harus dicapai adalah 75%. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk (1) Mengetahui bagaimana penerapan metode probing promting untuk meningkatkan keaktifan belajar dan pemahaman siswa. (2) Untuk mengetahui bagaimana peningkatan keaktifan belajar dan pemahaman siswa dengan metode Probing Promting. (3) Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam menerapkan metode probing promting. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitia kualitatif melalui tiga tahapan yaitu: Perencanaan, pelaksanaan dan observasi. Alur penelitian ini dilakukan selama 4 pertemuan. Sumber data berasal dari data primer dan skunder. Pengumpulan data melalui observasi, post test dan dokumentasi. Teknik analisis datanya dengan cara mereduksi data, kuantitatif sederhana dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Penerapan pembelajaran metode probing promting dilaksanakan sangat baik dilihat dari penelitian pertemuan ke 1 sampai penelitian pertemuan terakir. (2) Peningkatan pertemuan penelitian ke I mendapatkan nilai keaktifan 45%, penelitian pertemuan ke II mendapatkan nilai keaktifan 55%, penelitian peretemuan ke III mendapat nilai keaktifan 72,5% dan penelitian pertemuan ke IV mendapatkan nilai keaktifan 84%. (3) faktor penghambat berasal dari siswa itu sendiri dan faktor pendukunya adalah guru yang selalu memberi perhatian kepada semua murid, sarana dan prasarana yang memadai. Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Probing Promting, Penghambat dan Pendukung

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 20 Oct 2023 03:23
Last Modified: 20 Oct 2023 03:23
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/919

Actions (login required)

View Item View Item