PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DI MI MIFTAHUL MARHABAN KEMBARAN CANDIMULYO MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Dwi, Puryanti (2023) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DI MI MIFTAHUL MARHABAN KEMBARAN CANDIMULYO MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
7. DWI PURYANTI (REPO).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Dwi Puryanti. Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Kemandirian Belajar di MI Miftahul Marhaban Kembaran Candimulyo Magelang Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2023. Generasi muda yang berpendidikan, berprestasi, beraqidah yang baik diharapkan mampu membawa negeri ini menghadapi persaingan yang global, khususnya dalam bidang pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pendidikan agama islam di MI Miftahul Marhaban Kembaran; (2) untuk mengetahui kemandirian belajar di MI Miftahul Marhaban Kembaran; (3) untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap kemandirian belajar di MI Miftahul Marhaban Kembaran Candimulyo Magelang Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kuantitatif. Lokasi penelitian di MI Miftahul Marhaban Kembaran. Variable dalam penelitian ini yaitu pendidikan agama islam (x) dan kem,andirian belajar (y). Sampling dalam penelitian ini berjumlah 38 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket. Hasil penelitian ini menunjukan : (1) Pendidikan Agama Islam di MI Miftahul Marhaban Kembaran Candimulyo tahun pelajaran 2022/2023 termasuk dalam kategori baik, rata-rata nilai angketnya adalah 52; (2) Kemandirian belajar di MI Miftahul Marhaban Kembaran Candimulyo Magelang Tahun Pelajaran 2022/2023 termasuk dalam kategori baik, terbukti rata-rata nilai angketnya 48,5; (3) Ada hubungan pengaruh yang disignifikasikan dari pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap kemandirian belajar dari hasil pengujian hipotesis menunjukan pada tarif signifikasi 5% dan 1% rhitung kurang dari rtabel, yakni signifikasi 5% hasilnya 0,988 lebih besar 0,320 dan signifikasi 1% hasilnya 0,988 lebih besar 0,413 yang artinya rhitung masih lebih besar dari rtabel dan termasuk dalam kategori “sangat kuat” hubungan antara kedua variabel tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh Pendidikan Agama Islam signifikan terhadap kemandirian belajar di MI Miftahul Marhaban Kembaran Candimulyo Magelang Tahun Pelajaran 2022/2023. Kata kunci: Pendidikan Agama Islam, kemandirian belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 20 Oct 2023 02:53
Last Modified: 20 Oct 2023 02:53
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/911

Actions (login required)

View Item View Item