IMPLEMENTASI PROGRAM TAHSIN AL-QUR'AN di MTs YAPSI PAKIS SEBAGAI UPAYA PERBAIKAN MEMBACA AL- QUR'AN TAHUN AJARAN 2022/2023

Arisna, Putri Ladika (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM TAHSIN AL-QUR'AN di MTs YAPSI PAKIS SEBAGAI UPAYA PERBAIKAN MEMBACA AL- QUR'AN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
4. ARISNA PUTRI LADIKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Arisna Putri Ladika. 19610061. Implementasi Program Tahsin Al-Qur’an di MTs YASPI Pakis Sebagai Upaya Perbaikan Membaca Al-Qur’an Tahun Ajaran 2022/2023. Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui implementasi program tahsin Al�Qur’an di MTs YASPI Pakis (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi tahsin Al-Qur’an di MTs YASPI Pakis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu suatu penelitian yang ditunjukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas social ,sikap, kepercayaan, persepsi, dan pemikiran secara individual maupun kelompok. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis datanya dengan cara mereduksi data, display dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Penerapan pembelajaran Al-Qur’an melalui program tahsin dimulai dari proses perencanaan yang diawali dengan menyeleksi siswa dalam membaca Al-Qur’an untuk diberikan jilid metode Jet Tempur sesuai kemampuanya masing-masing serta guru mempersiapkan absensi kehadiran siswa. Pada tahab kedua yaitu pelaksanaan yang meliputi tahab pendahuluan, dilanjutkan dengan kegiatan kemudian diakhiri dengan penutup. Tahap selanjutnya yaitu evaluasi, pada tahab ini guru menilai hasil pembelajaran Al-Qur’an siswa dengan memberikan tes bacaan Al-Qur’an. 2) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaraan Al-Qur’an melalui program tahsin di MTs YASPI Pakis tahun pelajaran 2022/2023 yaitu pertama faktor pendukung. Dari segi proses pembelajaran Al-Qur’an guru memiliki potensi yang baik dan memiliki syahadah untuk mengerjakan Al-Qur’an. Sedangkan untuk penghambat yaitu kurangnya minat belajar siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Al-Qur’an. Kata kunci: Implementasi Program Tahsin Al-Qur’an, pembelajaran Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:48
Last Modified: 19 Oct 2023 07:48
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/908

Actions (login required)

View Item View Item