MANAJEMEN STRATEGIS PENGEMBANGAN PROGRAM TAHFIDẒ AL-QUR’AN BIL-GHOIB DI PONDOK PESANTREN DARUL HIKMAH KYAI ABDAN TAHUN AJARAN 2022/2023TAHUN AJARAN 2022/2023

Anis, Anis (2023) MANAJEMEN STRATEGIS PENGEMBANGAN PROGRAM TAHFIDẒ AL-QUR’AN BIL-GHOIB DI PONDOK PESANTREN DARUL HIKMAH KYAI ABDAN TAHUN AJARAN 2022/2023TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
3. ANIS.pdf

Download (929kB)

Abstract

ABSTRAK Anis, Manajemen Strategis pengembangan pendidikan Tahfidẓ Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Hikmah Kyai Abdan, Kembang Kuning Rejosari Pakis Magelang Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2023. Generasi muda yang berpendidikan, berprestasi, beraqidah yang baik diharapkan mampu membawa negeri ini menghadapi persaingan global, khususnya dalam pendidikan Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen Tahfidẓ Al-Qur’an Bil-Ghoib :(1)Perencanaan pembelajaran tahfidẓ, karena dengan perencanaan yang baik maka potensi menggapai tujuan setiap mata pelajaran akan cukup besar(2)Pengorganisasian pembelajaran tahfidẓ, dengan terkoordinasinya situasi belajar mengajar maka baik anak didik ataupun guru akan tenang dan nyaman(3)Pelaksanaan pembelajaran tahfidẓ, dalam melaksanakan pembelajaran haruslah memiliki keterampilan yang baik agar dapat menyampaikan kebaikan dengan cara yang baik pula.(4)Evaluasi pembelajaran tahfidẓ, karena dengan evaluasi akan terdeteksi bagian-bagian perkembangan untuk kemudian ditingkatkan dan bagian-bagian yang lemah untuk kemudian di perbaiki. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu suatu penelitian yang diunjukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, dan pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui observasi, interview dan dokumentasi, teknis analisis datanya dengan cara mereduksi data, display data dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan : (1)Perencanaan atau desain Pembelajaran Tahfidẓ Al-Qur’an di Darul Hikmah Pakis Magelang dilakukan oleh masing-masing guru ketika akan mengajar(2)Pengorganisasian Pembelajaran Tahfidẓ Al-Qur’an di Darul Hikmah Musyrif sebagai guru halaqoh dan pembimbing santri sepanjang hari berperan penting bagi kesuksesan santri menghafal Al-Qur’an(3) Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidẓ Al-Qur’an di Darul Hikmah ada dua halaqoh pertama ada pada waktu pagi hari , dan satu halaqoh terdapat ba’da asar sampai sekitar jam setengah enam sore dan setelah isya’ sampai selesai(4)Evaluasi Pembelajaran Tahfidẓ di Darul Hikmah diadakan Evaluasi pekanan dan bulanan, para musyrif melaporkan capaian dan catatan anak didiknya masing-masing kepada koordinator bagian Tahfidẓan. Kata kunci : Manajemen, Tahfidẓ Al-Qur’a

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:38
Last Modified: 19 Oct 2023 07:38
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/907

Actions (login required)

View Item View Item