Pengaruh Model Flipped Classroom Terhadap Peningkatan Hasil Belajar SBdP Siswa Kelas III SDN Pasekan 03 Ambarawa

Syela, Noviandani (2023) Pengaruh Model Flipped Classroom Terhadap Peningkatan Hasil Belajar SBdP Siswa Kelas III SDN Pasekan 03 Ambarawa. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text (SKRIPSI FKIP)
Syela Noviandani PGSD 2023.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Syela Noviandani. 2023. Pengaruh Model Flipped Classroom Terhadap Peningkatan Hasil Belajar SBdP Siswa Kelas III SDN Pasekan 03 Ambarawa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Ungaran. Pembimbing Utama: Drs. Moh Fakih, M.Si, Pembimbing Pendamping: Ridha Sarwono, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tugas uji kinerja yang dikerjakan di rumah pasti akan dibuatkan oleh orang tua siswa dan kurangnya waktu di sekolah untuk melakukan kegiatan uji kinerja yang mengakibatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran SBdP rendah. Rumusan masalahnya yaitu apakah terdapat pengaruh model flipped classroom terhadap peningkatan hasil belajar SBdP siswa kelas III SDN Pasekan 03 Ambarawa Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model flipped classroom terhadap peningkatan hasil belajar SBdP siswa kelas III SDN Pasekan 03 Ambarawa Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023. Desain yang digunakan dalam penelitian ini Post test-Only Control Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas III di SDN Pasekan 03 Ambarawa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik pengambilan kelas secara acak atau Cluster Random Sampling dengan sampel 34 siswa (17 siswa di kelas Eksperimen dan 17 siswa di kelas Kontrol). Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai Februari 2023 di SDN Pasekan 03 Ambarawa. Variabel-variabel yang diteliti meliputi: model pembelajaran Flipped Classroom dan hasil belajar SBdP. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes dan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis inferensial untuk mengetahui pengaruh hasil belajar SBdPyang berupa uji kinerja siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: model Flipped Classroom berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dengan adanya perbedaan hasil belajar pada kelas control dan kelas eksperimen. Hasil belajar pada kelas yang menggunakan model Flipped Classroom meningkat daripada kelas kontrol. Dengan adanya penelitian ini, adapun saran untuk sekolah adalah sebaiknya guru mengajarkan semua mata pelajaran yang ada dalam muatan pelajaran di sekolah sehingga kopetensi dasar siswa terpenuhi. Kata kunci: Model Flipped Classroom, hasil belajar SBdP

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: LIBRARY UNDARIS -
Date Deposited: 19 Oct 2023 06:44
Last Modified: 19 Oct 2023 06:44
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/904

Actions (login required)

View Item View Item