PENGARUH PENERAPAN METODE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PPKn SISWA KELAS X SMK NU UNGARAN KABUPATEN SEMARANG

Mad, Faizin (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PPKn SISWA KELAS X SMK NU UNGARAN KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text (SKRIPSI FKIP/PPKN)
Mad Faizin PPKN 2023.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Faizin, Mad. 2022. Pengaruh Penerapan Metode Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ppkn Siswa Kelas X Smk Nu Ungaran Kabupaten Semarang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pedndidikan, Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Ungaran. Pembimbing Utama: Drs. H. Abdul Karim, M.H. Pembimbing Pendamping: Dra. Sri Widayati, M.Si, Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kerjasama dan diskusi dalam proses pembelajaran, hal tersebut di karenakan pada masa pandemi covid-19 yang cenderung menggunakan metode pembelajaran yang mendikte dan membosankan. Rumusan masalahnya yaitu Adakah pengaruh penerapan metode jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas X tahun Pelajaran 2021/2022 SMK NU Ungaran Kabupaten Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode jigswa terhadap hasil belajar siswa kelas X Tahun Pelajaran 2021/2022 SMK NU Ungaran Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Experiment. Penelitian ini dilaksanakan di SMK NU Ungaran, variabel bebas dengan simbol X yaitu pengaruh penerapan metode jigsaw dan variabel terikat dengan simbol Y hasil belajar mata pelajaran PPKn. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TJKT yang berjumlah 64 siswa, sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dengan melibatkan kelas X TJKT-1 dan TJKT-2 yaitu kelas X TJKT-1 sebanyak 32 peserta didik sebagai kelas eksperimen (mendapat perlakuan) dan Kelas X TJKT-2 sebanyak 32 peserta didik sebagai kelas kontrol (tidak mendapat perlakuan). Teknik pengumpulan data menggunakan Pree Test dan melalui beberapa uji diantaranya uji normalitas dan uji homogenitas kemudian teknik analisis data dengan uji korelasi biserial dan uji t. Hasil penelitian berdasarkan hasil pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji korelasi biserial dengan hasil nilai signifikansi lebih besar dari nilai alpha yang diterapkan yaitu 0,050. Nilai signifikansi pengujian data adalah 0,9133 > 0,050, dan pada pengujian menggunakan uji T diperoleh hasil t-hitung yang diperoleh sebesar 17,656 lebih besar daripada t-tabel sebesar 2,000 (17,656 >2,000) dan signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 < 0,050 (t-hitung jatuh pada penolakan Ho). Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat Pengaruh metode pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar Siswa Kelas X Tahun Pelajaran 2021/2022 SMK NU Ungaran Kabupaten Semarang. Kata kunci: Metode Pembelajaran Jigsaw, Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn. iv ABSTRACT Faizin, Mad. 2022. The Effect of Applying the Jigsaw Method on Learning Outcomes in Civics Subjects for Class X Students of the Nu Ungaran Vocational High School, Semarang Regency. Thesis, Pancasila and Citizenship Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Darul Ulum Islamic Center Sudirman University, GUPPI Ungaran. Main Advisor: Drs. H. Abdul Karim, M.H. Counselor: Dra. Sri Widayati, M.Si, This research was motivated by the low ability of collaboration and discussion in the learning process, this was due to the Covid-19 pandemic which tended to use dictation and boring learning methods. The formulation of the problem is that there is an effect of applying the jigsaw method to the learning outcomes of class X students for the 2021/2022 academic year at SMK NU Ungaran, Semarang Regency. This study aims to determine the effect of applying the jigswa method on student learning outcomes in class X for the 2021/2022 Academic Year at SMK NU Ungaran, Semarang Regency. This research uses a quantitative approach with the Quasi Experiment method. This research was conducted at SMK NU Ungaran, the independent variable with the symbol X is the effect of applying the jigsaw method and the dependent variable with the symbol Y is the result of learning Civics subjects. The population in this study were 64 students in class X TJKT, the sample used was a saturated sample involving class X TJKT-1 and TJKT-2, namely class X TJKT-1 with 32 students as the experimental class (received treatment) and class X TJKT. -2 as many as 32 students as the control class (received no treatment). Data collection techniques used the Pree Test and went through several tests including normality tests and homogeneity tests then data analysis techniques with biserial correlation tests and t tests. The research results based on the results of hypothesis testing in this study used the biserial correlation test with a significance value greater than the alpha value applied, namely 0.050. The significance value of the data test was 0.9133 > 0.050, and in testing using the T test the t-count results obtained were 17,656 greater than the t-table of 2.000 (17,656 > 2.000) and the significance obtained was 0.000 < 0.050 (t- count falls on the rejection of Ho). So it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted, which means that there is an influence of the jigsaw learning method on the learning outcomes of Class X Students for the 2021/2022 Academic Year at SMK NU Ungaran, Semarang Regency. Keywords: Jigsaw Learning Method, Learning Outcomes of Civics Subjects.

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: LIBRARY UNDARIS -
Date Deposited: 03 Oct 2023 07:52
Last Modified: 03 Oct 2023 07:52
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/858

Actions (login required)

View Item View Item