ANALISIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 2 DI SEKOLAH DASAR ALAM UNGARAN DESA LEREP KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG

ERNA, YULIYANTI (2023) ANALISIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 2 DI SEKOLAH DASAR ALAM UNGARAN DESA LEREP KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text (SKRIPSI FKIP/PGSD)
ERNA Y PGSD 2023.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Yuliyanti, Erna. 2023 Analisis pembelajaran matematika di Sekolah Alam Ungaran pada siswa kelas 2 SD Alam Ungaran. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah dasar Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Darul Ulum Islamic Centre Islamic GUPPI Ungaran. Pembimbing Utama Drs. Moh. Fakih, M.Si dan Dosen Pembimbing Pendamping Yogi Ageng Sri Legowo, M.Pd. Salah satu usaha konkrit yang dapat dilakukan guna meningkatkan mutu kualitas SDM adalah melalui perbaikan proses pemelajaran. Kebanyakan proses pembelajaran yang berlangsung saat ini hanya diarahkan untuk menjadi manusia yang cerdas. Belum diarahkan menjadi siswa yang aktif dan berakhlak. Karena alasan inilah yang perlu diadakan pengembangan strategi maupun model pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai dengan perkembangan siswa. Sekolah Alam ungaran adalah salah satu yang menerapkan itu semua. Sekolah yang menerapkan konsep pembelajaran fun learning yakni belajar sambil bermain dan menggunakan alam sebagai media utamanya. Prinsip dasarnya, anak belajar secara efektif bila berada pada pembelajaran yang fun dan nyaman. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan diperoleh data berikut: perencanaan di Sekolah Alam menggunakan spider web, weekly plan, dan RPP, sudah sesuai dengan standar perencanaan pembelajaran yang baik. Pelaksanaan pembelajaran sangat baik dengan menggunakan project based learning sebagai modelnya, dan penilaian di Sekolah Alam yang sudah sesuai dengan kriteria penilaian yang baik dengan penilaian sikap, pengetahuan, maupun penilaian ketrampilan. Dapat penulis simpulkan bahwa proses perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran memtika di SD Alam Ungaran terpenuhi dengan baik. Kata kunci : analisis, pembelajaran matematika, sekolah alam iv ABSTRAK Yuliyanti, Erna. 2023 Analysis of learning mathematics at the Ungaran Alam School for 2nd grade students at SD Alam Ungaran. Thesis Teacher Education Study Program Elementary school Teacher Training and Education Faculty, Darul Ulum Islamic Center Islamic GUPPI Ungaran University. Main Advisor Drs. Moh. Fakih, M.Si and Assistant Lecturer Yogi Ageng Sri Legowo, M.Pd. One of the concrete efforts that can be made to improve the quality of human resources is through improving the learning process. Most of the learning processes that are currently taking place are only directed at becoming intelligent human beings. Not directed to be an active and moral student. It is for this reason that it is necessary to develop strategies and learning models that are fun and in accordance with student development. Ungaran Nature School is one that implements it all. Schools that apply the concept of fun learning, namely learning while playing and using nature as the main medium. The basic principle is that children learn effectively when learning is fun and comfortable. The type of research used is descriptive qualitative with interview, observation and documentation methods. The research data were analyzed descriptively and the following data were obtained: planning at the Natural School using spider web, weekly plans, and lesson plans, was in accordance with good learning planning standards. The implementation of learning is very good by using project based learning as the model, and the assessment in the Natural School is in accordance with good assessment criteria by assessing attitudes, knowledge, and skills assessment. The writer can conclude that the process of planning, implementing, and evaluating on math learning in SD Alam Ungaran has been well fulfilled. Keywords: analysis, learning mathematics, natural school

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: LIBRARY UNDARIS -
Date Deposited: 03 Oct 2023 07:28
Last Modified: 03 Oct 2023 07:28
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/855

Actions (login required)

View Item View Item