PENGARUH POLA ASUH TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III MI GEDANGANAK KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG

Ana, Kurniyawati (2023) PENGARUH POLA ASUH TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III MI GEDANGANAK KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text (SKRIPSI FKIP/PGSD)
Ana Kurniyawati PGSD 2023.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Ana Kurniyawati. 2023. Pengaruh Pola Asuh Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas III MI Gedanganak Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Ungaran. Pembimbing Utama: Dra. Praptiningsih, M.Si. Pembimbing Pendamping: Yogi Ageng Sri Legowo, M.Pd Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan ketika menyampaikan ide-ide matematika serta saat mengerjakan soal uraian ada beberapa siswa yang hanya sekedar menghitung angka-angkanya tanpa mengetahui maksud dari soal ataupun tanpa mengetahui maksud dari arti setiap langkah-langkah penyelesaian soal tersebut. Rumusan masalahnya Adakah Pengaruh Pola Asuh terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas III MI Gedanganak, Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui ada atau tidak Pengaruh Pola Asuh terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa dalam pembelajaran matematika di Kelas III MI Gedanganak, Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas III MI Gedanganak yang berjumlah 120 siswa dengan 30 sampel. Variabel penelitian ini yaitu pola asuh orang tua dan kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran Matematika. Teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan angket. Kemudian hasil data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji T hitung. Berdasarkan hasil penelitian dan setelah data dianalisis menggunakan uji T hitung, maka terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran Matematika. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil uji-T hitung lebih besar dari T tabel distribusi (2,750 > 2,042) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh pola asuh orang tua dan kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran Matematika. Kata kunci : pola asuh, orang tua, kemampuan komunikasi, siswa dalam pembelajaran Matematika ABSTRACT v Ana Kurniyawati. 2023. The Effect of Parenting Style on Students' Communication Ability in Learning Mathematics in Class III Students of MI Gedanganak, East Ungaran District, Semarang Regency. Thesis, Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Darul Ulum Islamic Center Sudirman University, GUPPI Ungaran. Main Advisor: Dra. Praptiningsih, M.Sc. Accompanying Advisor: Yogi Ageng Sri Legowo, M.Pd This research was motivated by difficulties when conveying mathematical ideas and when working on essay questions, there were some students who just counted the numbers without knowing the meaning of the problem or without knowing the meaning of each step of solving the problem. The formulation of the problem is Is There an Influence of Parenting Style on Students' Communication Ability in Learning Mathematics in Class III of MI Gedanganak, East Ungaran District, Semarang Regency. The purpose of this study was to determine whether or not there was an effect of parenting on students' communication skills in learning mathematics in class III MI Gedanganak, East Ungaran District, Semarang Regency. The type of research used is quantitative research. The research subjects were class III students of MI Gedanganak, totaling 120 students with 30 samples. The variables of this study are parenting style and students' communication skills in learning mathematics. The data collection technique is using a questionnaire. Then the results of the data obtained were analyzed using arithmetic T test. Based on the results of the research and after the data was analyzed using the T-test, there was an influence of parenting style on students' communication skills in learning mathematics. This is indicated by the results of the calculated T-test which is greater than the T distribution table (2.750 > 2.042), which means that Ho is rejected and Ha is accepted. This means that parents' parenting style and students' communication skills in learning Mathematics influence each other. Keywords: parenting, style, students' communication, skills in learning mathematics

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: NOVITA NOVITA RAHAYU
Date Deposited: 03 Oct 2023 04:27
Last Modified: 03 Oct 2023 04:31
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/852

Actions (login required)

View Item View Item