ALDILA, WINDA MERYTSA and IMAS, ISTIARI (2022) STUDI KOMPARASI KAPASITAS DAYA DUKUNG TIANG PANCANG SECARA ANALITIS TERHADAP HASIL UJI KALENDERING DAN PILE DRIVING ANALYZER (STUDI KASUS STRUKTUR SLAB ON PILE) PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL SEMARANG – DEMAK PAKET 2. Masters thesis, UNDARIS.
Text (TUGAS AKHIR TERCETAK)
TA_ALDILA.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Aldila Winda Merytsa, 18210034; Imas Istiari, 18210027; Studi Komparasi Kapasitas Daya Dukung Tiang Pancang Secara Analitis Terhadap Hasil Uji Kalendering dan Pile Driving Analyzer (Studi Kasus Struktur Slab on Pile) Pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Semarang – Demak Paket 2. (Ir.Hartopo, MT dan Ir.Totok Apriyanto, MT) Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak dengan panjang ± 27 km, dibangun untuk mengurangi kemacetan yang terjadi di Semarang. Dikarenakan pembangunan jalan harus melewati daerah dengan kondisi tanah yang sangat lunak/tanah rawa. Dimana jenis tanah ini diketahui memiliki daya dukung yang sangat rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut maka struktur jalan menggunakan struktur Slab on Pile. Struktur Slab on Pile terdiri dari slab, pile head dan pondasi tiang pancang. Pada pekerjaan konstruksi pondasi memiliki peranan yang sangat penting. Pondasi harus mampu mendukung beban sampai batas keamanan yang telah ditentukan. Sehingga, pondasi suatu struktur bangunan harus diperhitungkan daya dukung agar dapat menjamin kestabilan bangunan dalam menahan beban yang bekerja pada pondasi tidak boleh melebihi batas yang telah ditentukan. Pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak dicari perbandingan nilai daya dukung ultimit pondasi tiang pancang tunggal secara analitis dengan data Kalendering dan PDA. Berdasarkan hasil perhitungan data SPT nilai daya dukung ultimit tiang tunggal pada kedalaman 44 m dengan metode Mayerhof diperoleh 149,72 ton, untuk metode Luciano Decourt 210,0451 ton, metode Schmertman 185,888 ton berdasarkan perhitungan Kalendering metode Hilley 145,0251 ton dan PDA diperoleh 148,73 ton. Kata Kunci: Komparasi, Daya Dukung, Tiang Pancang, Kalendering dan PDA v ABSTRACT Aldila Winda Merytsa, 18210034; Imas Istiari, 18210027; Studies Comparison Pile Bearing Capacity By Analytical To Results of Calendering Test and Pile Driving Analyzer ( Study Case Structure Slab on Pile ) In the Semarang – Demak Toll Road Development Project Package 2. (Ir. Hartopo, MT and Ir.Totok Apriyanto, MT) Semarang–Demak Toll Road Construction with length ± 27 km, built for reduce traffic jam in Semarang. Due to road construction must pass area with very soft soil conditions/swamp land. Where type soil this is known have power support very low. For resolve problem the so structure Street use structure Slab on Pile. Structure Slab on Pile consist from slab, pile head and Pile Foundation. On construction work, Foundation have very important role important. Foundation must capable support burden until limit security that has been determined. So, the foundation of something building structure must taken into account power support so you can ensure stability building in withhold working load on Foundation no can exceed the limit that has been determined. On the Semarang–Demak Toll Road Development Project searching for comparison score power support ultimate Pile Foundation single by analytical with Calendaring data and PDA. Based on results calculation of value SPT data power support ultimate pile single on 44 m depth with method Mayerhof obtained 149,72 tons, for Luciano Decourt's method 210,0451 tons, Schmertman method 185,888 tonnes based on calculation Calendaring method Hilley 145,0251 tons and PDA obtained 148,73 tons. Keywords: Comparation, Power Support, Pile, Calendering and PDA
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | NOVITA NOVITA RAHAYU |
Date Deposited: | 18 Nov 2022 04:08 |
Last Modified: | 18 Nov 2022 04:08 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/714 |
Actions (login required)
View Item |