PENGARUH DISTRIBUSI, PROMOSI, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROKOK CLASMILD DI KOTA SEMARANG

FADHILAH NUR DIANSYAH, FADHILAH NUR DIANSYAH (2024) PENGARUH DISTRIBUSI, PROMOSI, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROKOK CLASMILD DI KOTA SEMARANG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
3. SKRIPSI IAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Industri rokok merupakan salah satu industri yang besar di Indonesia. Pasar di Indonesia sangatlah potensial mengingat rokok merupakan produk yang dikonsumsi sehari-hari untuk sebagian besar orang di Indonesia. Persaingan antar perusahaan sangat ketat dan strategi pemasarannya dilandandasi oleh daya cipta produk yang dihasilkan sangat beragam dan jenisnya dapat berbeda pada masing-masing produsen. Persaingan antar produsen memberi kebebasan kepada para konsumen untuk memilih produk mana yang sesuai dengan keinginan mereka. Keputusan memilih produk biasanya didasari oleh distribusi produk tersebut,promosi produk yang ditawarkan, serta harga sebuah produk tersebut.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1)Pengaruh distribusi terhadap keputusan pembelian rokok clasmild dikota Semarang. (2)Pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian rokok clasmild di kota Semarang. (3)Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian rokok clasmild di kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang diolah dengan aplikasi SPSS versi 25. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen rokok clasmild dikota Semarang. Sampel yang digunakan dari jumlah populasi adalah 96 orang. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, uji kolerasi terdiri dari kolerasai sederhana dan kolerasi berganda, uji regresi terdiri dari regresi sederhana dan regresi berganda, uji determinasi, uji t, uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel distribusi memiliki nilai thitung 2,227 lebih besar dari pada ttabel 1,986 dan memiliki nilai signifikan 0,028 < 0,05 yang berarti distribusi pengaruh positif signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Variabel promosi memiliki nilai thitung 3,428 lebih besar dari pada ttabel 1,986 dan memiliki nilai signifikan 0,001 < 0,05 yang berarti promosi berpengaruh positif signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Variabel harga memiliki nilai thitung sebesar 2,371 lebih besar dari pada ttabel 1,986 dan memiliki nilai signifikan 0,020 < 0,05 yang berarti adanya pengaruh yang signifikan antara variabel harga terhadap keputusan pembelian. Variabel distribusi, promosi, dan harga secara simultan bersama-sama memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai Fhitung sebesar 16.310 lebih besar dari pada Ftabel 2,70 dan memiliki nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,005 yang memiliki arti bahwa distribusi, promosi dan harga secara bersamaan berpengaruh terhadap keputusan pembelian rokok clasmild di kota Semarang. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel ditribusi, promosi dan harga secara parsial dan secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci : Distribusi, Promosi, Harga, Keputusan pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 03 Jun 2024 04:43
Last Modified: 03 Jun 2024 04:43
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1597

Actions (login required)

View Item View Item