USAHA MEMPERTAHANKAN CUSTOMER GOJEK MELALUI PELAYANAN PRIMA PADA KOMUNITAS DRIVER GOJEK PENGEMBARA(GEPENG) UNGARAN KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG

Pitaloka Dharma Ayu, Pitaloka Dharma Ayu (2024) USAHA MEMPERTAHANKAN CUSTOMER GOJEK MELALUI PELAYANAN PRIMA PADA KOMUNITAS DRIVER GOJEK PENGEMBARA(GEPENG) UNGARAN KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG. Documentation. LPPM UNDARIS, Ungaran. (Unpublished)

[img] Text
laporan akhir pengabdian gojek.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengkaji strategi usaha yang diimplementasikan oleh Gojek dalam mempertahankan pelanggan melalui pelayanan prima. Pada era digital saat ini, persaingan di industri layanan transportasi dan pengiriman semakin ketat, sehingga penting bagi perusahaan seperti Gojek untuk tidak hanya menarik pelanggan baru, tetapi juga mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Fokus utama pada pelayanan prima menjadi krusial dalam upaya ini. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dalam sosialisasi menggunakan pendekatan kualitatif dengan focus Group Discussion terhadap Komunitas Gojek Pengembara Ungaran dalam hal ini adalah kepada anggota dan pengurus komunitas dengan melibatkan beberapa (dua) mahasiswa serta analisis dokumen terkait strategi pelayanan pelanggan, serta survei kecil kepada pelanggan yang telah menggunakan layanan Gojek secara berulang. Strategi yang diterapkan oleh Gojek mencakup peningkatan pelatihan bagi pengemudi untuk menghadirkan pengalaman yang lebih ramah dan profesional, peningkatan layanan pelanggan yang responsif, dan pengembangan aplikasi yang lebih intuitif dan mudah digunakan. Selain itu, upaya dalam membangun brand positif melalui kampanye pemasaran yang menekankan nilai-nilai pelayanan juga menjadi bagian integral dari strategi ini. Dalam rangka mempertahankan pelanggan di tengah persaingan yang semakin ketat, pengabdian ini menggarisbawahi pentingnya pelayanan prima sebagai fondasi bagi strategi mempertahankan pelanggan. Manfaat yang di dapat dari pelayanan prima dari pengabdian ini dapat membantu Komunitas Gojek Pengembara Ungaran untuk meningkatkan rating baik dari pelanggan, mendapatkan banyak order, pendapatan lebih baik, bekerja lebih nyaman, bekerja lebih bahagia dan lebih semangat yang berfokus pada kepuasan pelanggan sebagai elemen utama dalam kesuksesan jangka panjang. Kata Kunci: Pelayanan Prima

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 07 Feb 2024 04:45
Last Modified: 07 Feb 2024 04:45
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1530

Actions (login required)

View Item View Item