PENGUATAN MANAJEMEN TATA KELOLA SEKOLAH TK AISYIYAH BUSTANUL ATFAL SE KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023

ida, zahara adibah and Sutomo, Sutomo PENGUATAN MANAJEMEN TATA KELOLA SEKOLAH TK AISYIYAH BUSTANUL ATFAL SE KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023. PENGUATAN MANAJEMEN TATA KELOLA SEKOLAH TK AISYIYAH BUSTANUL ATFAL SE KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023.

[img] Text
Pengabdian Bu Ida 2023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memetakan permasalahan yang terjadi di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Se kabupaten semarang dan memberikan gambaran solusi dari permasalahan yang ada. Berdasarkan wawancara dengan majelis pendidikan dasar dan menengah dan kepala sekolah TK Aisyiyah Bustanul Athfal , terdapat 3 masalah yaitu; lemahnya kemampuan manajerial kepala sekolah, kurangnya kedisiplinan dan loyalitas guru-guru ABA serta belum adanya sekolah percontohan. Pemetaan masalah dapat membantu pengelola TK untuk menentukan prioritas penyelesaian masalah. Solusi yang ditawarkan adalah: 1) Perlu pendampingan terkait pengelolaan administrasi program pengajaran, administrasi anak didik, administrasi kepegawaian, adminitrasi perlengkapan dan barang, administrasi keuangan, dan administrasi umum yang baik; 3) Kepala sekolah perlu meningkatkan kemampuan manajerial dan pengetahuan terkait pengelolaan TK; dan 4) Pendampingan pembuatan website dan media sosial untuk TK supaya promosi TK menjadi lebih luas ke masyarakat. Solusi yang ditawarkan oleh tim pengabdian masyarakat dapat dijadikan rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat lanjutan berikutnya. Kata kunci : Manajemen, Tata Kelola, Bustanul Athfal

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr., M.S.I Ida Zahara Adibah
Date Deposited: 18 Jan 2024 06:12
Last Modified: 18 Jan 2024 06:12
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1520

Actions (login required)

View Item View Item