PENGARUH STRATEGI PEMASARAN (PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN LOKASI) TERHADAP KEPUASAN PEMBELI (Studi Kasus di Rumah Makan Koh Liem Semarang)

Wahyu, Hartanto (2015) PENGARUH STRATEGI PEMASARAN (PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN LOKASI) TERHADAP KEPUASAN PEMBELI (Studi Kasus di Rumah Makan Koh Liem Semarang). Undergraduate (Sarjana S1) thesis, undaris.

[img] Text (Skripsi Ilmu Ekonomi)
Wahyu Skripsi 2015.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Kondisi bisnis saat ini benar-benar sudah penuh sesak atau dapat disebut juga hypercompetition. Realita ini, bukan karena resesi global, namun lebih ke liberalisasi perdagangan bisnis global yang mendorong peningkatan penawaran barang dan berdampak pada penurunan harga. Salah satu bentuk usaha ekonomi yang diyakini mampu bertahan dalam kondisi bisnis global yaitu bisnis rumah makan dan/atau restoran. Menurut para ahli pemasaran, sukses usaha dibidang pelayanan makanan dan minuman tidak hanya ditentukan jumlah pembelinya, tetapi ditentukan juga oleh kemampuan meningkatkan pertumbuhan pelanggan melalui strategi pemasaran yang tepat. Maka, tujuan penelitian adalah ingin mengetahui pengaruh strategi pemasaran (produk, harga, promosi dan lokasi) terhadap kepuasan pembeli. Metode penelitian bersifat explanatory research, dan berlokasi di RM Koh Liem Semarang. Populasi dalam penelitian seluruh pembeli yang berjumlah cukup banyak, maka jumlah sampel ditetapkan 50 orang (5 variabel x 10) sesuai pendapat Roscoe. Teknik pengumpulan data menggunakan survey pelanggan dengan menyebar kuesioner yang diuji tingkat validitas dan reliabilitasnya. Analisa data menggunakan metode analisis korelasi dan regresi baik sederhana ataupun berganda. Pengujian hipotesis meliputi uji t (parsial) dan uji F (simultan), serta koefisien determinasi (adjusted R 2 ). Hasil penilitian diperoleh nilai koefisien korelasi variabel independen terhadap variabel kepuasan, untuk koefisien korelasi sederhana variabel produk (X1) 0,998, harga (X2) 0,939, promosi (X3) 0,930 dan lokasi (X4) 0,980, dan untuk koefisien korelasi berganda sebesar 0,998. Analisis regresi sederhana memperoleh hasil untuk produk : Y = 1,990 + 0,968 X1, harga : Y = 0,640 + 0,966 X2, promosi : Y = -5,037 + 1,066 X3 dan lokasi : Y = 1,985 + 0,965 X4, dengan sig. X1, X2, X3 dan X4 sebesar 0,000. Sedangkan analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y = 0,033 + 0,692 X1 + 0,068 X2 + 0,079 X3 + 0,157 X4. Nilai koefisien determinasi adjusted R 2 sebesar 99,50%, uji hipotesis parsial diketahui variabel X1 thitung 13,832 sig. 0,000, X2 thitung 2,196 sig. 0,034, X3 thitung 2,100 sig. 0,042, sedangkan X4 thitung 3,552 sig. 0,001, artinya X1, X2, X3,dan X4 memiliki pengaruh sig. dan positif terhadap kepuasan pembeli, karena diketahui ttabel 2,017 dengan tingkat sig. 0,05. Secara simultan diketahui Fhitung 2.369,455, sig. 0,000 sedangkan Ftabel 2,700 dengan sig. 0,05, artinya terdapat pengaruh sig. secara simultan variabel X1, X2, X3,dan X4 terhadap kepuasan pembeli. Berdasarkan hasil penelitian disarankan, pelayanan maupun menu masakan (produk) yang disajikan harus dipertahankan kekhasannya, baik dalam hal rasa, aroma dan penyajiannya. Faktor harga, promosi dan lokasi juga harus diperhatikan, untuk harga upayakan lebih kompetitif, promosi lebih ditingkatkan intensitasnya agar konsumen mengenal dan mengetahui keberadaannya, untuk lokasi sebaiknya koordinasi dengan aparat setempat atau pihak terkait dalam hal ketertiban dan kenyamanan, serta kebersihan wilayah di sekitar lokasi. Kata kunci : pengaruh produk, harga, promosi dan lokasi terhadap kepuasan pembeli.

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: . Dimas Triatmaja
Date Deposited: 21 Dec 2023 06:51
Last Modified: 21 Dec 2023 06:51
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1500

Actions (login required)

View Item View Item