FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN NASABAH PT. PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE SEMARANG

Santoso, Santoso (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN NASABAH PT. PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE SEMARANG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, undaris.

[img] Text (Skripsi Ilmu Ekonomi)
BAB I -5 +lampiran fix revisi terakhir pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Untuk dapat menarik nasabah sebanyak-banyaknya, tiap perusahaan asuransi berusaha menciptakan strategi dan bentuk pelayanan yang berbeda dengan pesaingnya. Strategi dan bentuk pelayanan yang diterapkan antara lain seperti cepatnya pelayanan, biaya yang relatif bersaing, kemudahan pembayaran, kelengkapan fasilitas, serta meningkatkan kepercayaan dan komitmen kepada nasabah. Bila nasabah sudah merasa puas dan terlayani dengan baik oleh perusahaan, maka nasabah akan merasa loyal dan terus melakukan transaksi pada perusahaan asuransi tersebut. Kepuasan konsumen adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja (atau hasil) yang ia rasakan dibandingkan dengan harapannya. Dimana, umumnya harapan konsumen merupakan perkiraan atau keyakinan konsumen tentang apa yang akan diterimanya bila ia membeli atau mengkonsumsi suatu produk (barang atau jasa). Sedangkan kinerja yang dirasakan adalah persepsi konsumen terhadap apa yang ia terima setelah mengkonsumsi produk yang dibeli. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN NASABAH PT. PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE SEMARANG”. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh pelayanan, produk asuransi dan premi asuransi baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Prudential Life Assurance Semarang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan, produk asuransi dan premi asuransi baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Prudential Life Assurance Semarang. Jenis penelitian ini adalah Tipe penelitian ini merupakan tipe penelitian eksplanatori dengan menggunakan metode deskriptif statistik, yaitu penelitian yang bertujuan untuk menguji ada tidaknya hubungan dan pengaruh antara variabel-variabel pelayanan (X1), produk asuransi (X2), dan premi asuransi (X3), terhadap kepuasan nasabah (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah semua nasabah PT. Prudential Life Assurance Semarang yang berjumlah 1696 orang. Pengambilan sampel sebanyak 100 responden dan mengambil teknik purposive sampling. Serta menggunakan alat pengambil data berupa angket. Untuk mendukung penelitian ini penulis menggunakan metode analisis dan inferensial. Analisis inferensial meliputi uji validitas, uji reliabilitas, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi berganda, analisisi regresi sederhana, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis secara parsial (uji t) dan uji hipotesis secara simultan (uji F). Untuk memudahkan perhitungan dipergunakan alat bantu berupa program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara variabel Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah PT. Prudential Life Assurance. Ditunjukan dengan nilai t hitung (2,369) > t table (1,984) serta sign 0,020. Ada pengaruh antara variabel Produk Asuransi terhadap Kepuasan Nasabah (Y) PT. Prudential Life Assurance. Ditunjukan dengan nilai t hitung (7,296) > t table (1,984) serta sign 0,000, ada pengaruh antara variabel Premi Asuransi terhadap Kepuasan Nasabah PT. Prudential Life Assurance. Ditunjukan dengan nilai t hitung (2,629) > t table (1,984) serta sign 0,010, serta ada pengaruh antara variabel pelayanan (X1), produk asuransi (X2), premi asuransi (X3) secara bersamasama terhadap Kepuasan Nasabah (Y) PT. Prudential Life Assurance. Hal ini Ditunjukan dengan nilai nilai F hitung (24,042) > F tabel (2,699) dan signifikansi 0,000. Adapun saran-saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah : 1. Pihak asuransi diharapkan terus meningkatkan pelayanan, dengan mengacu pada service excellent dan total quality manajemen untuk tujuan pelayanan dan perbaikan secara terus menerus. 2. Untuk PT. Prudential life diharapkan menciptakan produk asuransi baru yang mampu mengcover segala jenis resiko dalam kehidupan manusia, sehingga sebagai seorang nasabah harapannya dapat hidup aman tanpa resiko. 3. Utntuk pembayaran premi hendaknya diukur sesuai dengan kemampuan nasabah ataupun pasar, karena hal ini akan berdampak pada lancar tidaknya pembayaran premi. 4. Perusahaan hendaknya terus memperhatikan perkembangan dan peluang baru dibidang asuransi sehingga perusahaan akan mampu melihat dengan jeli pangsa pasar yang ada. Kata Kunci: Pelayanan (X1), Produk Asuransi (X2), Dan Premi Asuransi (X3), Kepuasan Nasabah (Y)

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: . Dimas Triatmaja
Date Deposited: 21 Dec 2023 06:51
Last Modified: 21 Dec 2023 06:51
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1480

Actions (login required)

View Item View Item