PENGARUH MOTIVASI, PERSEPSI DAN PENGETAHUAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BIG COLA PADA KARYAWAN PABRIK APAC INTI CORPORA DI KAB SEMARANG

Marmanto, Marmanto (2016) PENGARUH MOTIVASI, PERSEPSI DAN PENGETAHUAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BIG COLA PADA KARYAWAN PABRIK APAC INTI CORPORA DI KAB SEMARANG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, undaris.

[img] Text (Skripsi Ilmu Ekonomi)
SKRIPSI MARMANTO 10.51.0008.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Produk BIG Cola Sebagai pendatang baru dalam produk minuman tentunya sangat dibutuhkan strategi untuk dapat masuk ke pangsa pasar dan diterima oleh konsumen. Produk BIG cola yang masuk ke pasar dengan harga lebih murah dari pesaing sebelumnya, merupakan strategi yang tepat bagi Big cola, namun, dari sisi lain motivasi-motivasi konsumen membeli produk, tidak hanya dari harga yang murah, nilai gisi yang bagus, dan tingkat pengetahuan konsumen tentang produk itu sendiri. Dari pertimbanganpertimbangan di atas adalah sebagian dari rangkaian proses keputusan konsumen untuk membeli produk berawal dari buah pikiran yang matang. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul“PENGARUH MOTIVASI, PERSEPSI DAN PENGETAHUAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BIG COLA PADA KARYAWAN PABRIK APAC INTI CORPORA DI KAB SEMARANG”. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh motivasi, persepsi dan pengetahuan baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian Big Cola?. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengaruh motivasi, persepsi dan pengetahuan baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian Big Cola. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey, yaitu penelitian yang langsung menuju responden dilapangan (Sugiyono, 2009). Selain penelitian survey penelitian ini berjenis penelitian yang bertujuan mencari hubungan dan pengaruh suatu variable dengan variable lain, dalam hal mencari hubungan kausal antara variabel independen terhadapa variabel dependen. Adapun variabel yang digunakan adalah motivasi (X1), persepsi (X2) dan pengetahuan (X3) serta keputusan pembelian. (Y). Populasi dalam penelitian ini tidak terdefinisi dengan jelas untuk itu, dalam penentuan sampel ditentukan sejumlah 100 orang dengan . accidental sampling. Teknik accidental sampling adalah teknik penarikan sampel secara kebetulan yaitu siapa saja yang kebetulan ditemui peneliti di lokasi penelitian yaitu pada karyawan pabrik APAC Inti Corpora di kabupaten Semarang dimana kuesioner dibagikan kepada karyawan yang kebetulan pernah mengkonsumsi BIG cola dengan alat Angket. Untuk mendukung penelitian ini penulis menggunakan metode analisis dan inferensial. Analisis inferensial meliputi uji validitas, uji reliabilitas, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi berganda, analisisi regresi sederhana, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis secara parsial (uji t) dan uji hipotesis secara simultan (uji F). Untuk memudahkan perhitungan dipergunakan alat bantu berupa program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara variabel motivasi terhadap Keputusan Pembelian Big Cola pada Karyawan Pabrik di Kabupaten Semarang. Ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,737, dengan kategori Kuat atau tinggi, nilai koefisien regresi berganda sebesar 0,840 dan nilai t hitung (8,935) > t tabel (1,984) serta sign 0,000.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara variabel Persepsi terhadap Keputusan Pembelian Big Cola pada Karyawan Pabrik di Kabupaten Semarang. Ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,659, dengan kategori kuat atau tinggi, nilai koefisien regresi berganda sebesar 0,417 dan nilai t hitung (5,199) > t tabel (1,984) serta sign 0,000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara variabel Pengetahuan terhadap Keputusan Pembelian Big Cola pada Karyawan Pabrik di Kabupaten Semarang. Ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,383, dengan kategori rendah atau lemah tapi pasti, nilai koefisien regresi berganda sebesar -0,410 dan nilai t hitung (-5,976) > t tabel (-1,984) serta sign 0,000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara variabel motivasi, persepsi, dan pengetahuan secara bersama-sama terhadap Keputusan Pembelian produk Big Cola, pada Karyawan Pabrik di Kabupaten Semarang. Hal ini ditunjukan dengan nilai nilai F hitung (73,015) >F tabel (2,700) dan signifikansi 0,000. Sebagai saran dalam penelitian ini Produk Big Cola diharapkan dapat memotivasi orang untuk membeli produk Big Cola dengan promosi-promosi yang menarik, dan kesegaran minuman Big Cola, diharapkan dapat merubah persepsi pasar bahwa minuman berkarbonasi yang bergizi dari buah asli. Menciptakan varian rasa baru yang lebih enak dan lebih disukai oleh setiap orang seperti rasa buah-buahan. Mempertahankan pangsa pasar baru yang telah diraihnya, yaitu berupa minuman berkarbonasi dengan harga yang relatif murah. . Kata Kunci: Motivasi, persepsi, pengetahuan, dan keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: . Dimas Triatmaja
Date Deposited: 21 Dec 2023 06:51
Last Modified: 21 Dec 2023 06:51
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1477

Actions (login required)

View Item View Item