PENGARUH SALES GROWTH, RETURN ON ASSET, ECONOMIC VALUE ADDED, FIRM SIZE TERHADAP MARKET VALUE ADDED (Studi Empiris pada Perusahaan-Perusahaan yang Tergabung Dalam LQ 45 di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2011-2015)

Badruzzaman, Badruzzaman (2017) PENGARUH SALES GROWTH, RETURN ON ASSET, ECONOMIC VALUE ADDED, FIRM SIZE TERHADAP MARKET VALUE ADDED (Studi Empiris pada Perusahaan-Perusahaan yang Tergabung Dalam LQ 45 di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2011-2015). Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
02 Badruz Skripsi 2017.pdf

Download (2MB)
[img] Text
04 Badruz Jurnal Skripsi 2017.pdf

Download (542kB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Perusahaan dengan penjualan yang tidak stabil kesulitan memperoleh lebih banyak pinjaman. Return On Asset yang negatif menunjukkan kemampuan dari modal yang diinvestasikan secara keseluruhan belum mampu untuk menghasilkan laba. Economic value added yang negatif menunjukkan kemampuan perusahaan dalam memperoleh keuntungan berkurang. Semakin besar perusahaan maka nilai perusahaan yang dimiliki semakin besar, sehingga total aset yang dimiliki perusahaan makin tinggi. Sebaliknya, perusahaan skala kecil memiliki nilai perusahaan kecil karena memiliki total aset. Economic Value Added nilai negatif mengindikasikan seberapa besar kekayaan pemegang saham yang hilang atau perusahaan tidak mampu menambah kekayaan pemegang saham. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menurut Home dan Machowicz, (2005) tingkat pertumbuhan penjualan adalah hasil perbandingan antara selisih penjualan tahun berjalan dan penjualan di tahun sebelumnya dengan penjualan di tahun sebelumnya. Menurut Toto Prihadi (2008) Return On Asset yaitu mengukur tingkat laba terhadap asset yang digunakan dalam menghasilkan laba. Menurut Maya sari (2006) Economic value added merupakan salah satu metode untuk mengukur tingkat efisiensi operasi sebuah perusahaan dalam menggunakan modal untuk menciptkan nilai tambah ekonomis atau profitabilitas. Menurut Ghozali (2011) total aset perusahaan bernilai besar maka hal ini dapat disederhanakan dengan mentranformasikan kedalam logaritma natural. Menurut Agus Sartono (2001) Market Value Added merupakan salah satu alat ukur yang membandingkan antara tingkat pengembalian yang diterima perusahaan pada masa sekarang terhadap investasi yang telah ditanamkan di masa lalu. Jenis penelitian ini adalah eksplanatori. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel bebas (Sales Growth, Return On Asset, Economic Value Added, Firm Size) dan Variabel terikat (Market Value Added). Populasi yang digunakan 45 perusahaan. Sampel adalah 21 perusahaan secara berturut-turut selama 5 tahun dari tahun 2011-2015, sehingga diperoleh total untuk observasi 105 perusahaan. Teknik sampling adalah purposive sampling. Hasil penelitian dapat menunjukkan tidak ada pengaruh antara Sales Growth terhadap Market Value Added. Ada pengaruh antara Return On Asset terhadap Market Value Added. Tidak ada pengaruh antara Economic Value Added terhadap Market Value Added. Ada pengaruh antara Firm Size terhadap Market Value Added .Ada pengaruh Sales Growth, Return On Asset, Economic Value Added, Firm Size secara simultan terhadap Market Value Added. Saran yang dapat diberikan adalah manajer perusahaan perlu memperhatikan kinerja penjualan karena peningkatan penjualan mampu meningkatkan nilai Market Value Added. Manajer perusahaan lebih meningkatkan kinerja profitabilitas Return On Asset karena peningkatan Return On Asset dapat meningkatkan Market Value Added. Manajer perusahaan harus mampu menciptakan nilai tambah bagi perusahaan dengan cara memperbaiki kinerja keuangan perusahaan untuk lebih baik lagi sehingga mendapatkan laba yang dihasilkan melebihi harapan investor. Manajer perusahaan lebih meningkatkan kinerja perusahaan sehingga ukuran perusahaan lebih luas dan besar untuk tahun-tahun mendatang dan dapat menarik investor lebih banyak. Para investor tidak hanya melihat ukuran perusahaan sebagai patokan untuk tujuan investasi tetapi lebih utama melihat kinerja perusahaan sekarang dan kedepan. Kata kunci : Sales Growth, Return On Asset, Economic Value Added, Firm Size, Market Value Added.

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 18 Dec 2023 03:16
Last Modified: 18 Dec 2023 03:16
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1466

Actions (login required)

View Item View Item