ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS KONSUMEN DALAM PEMBELIAN MAJALAH GRADASI SEMARANG

Sugiharso, Sugiharso (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS KONSUMEN DALAM PEMBELIAN MAJALAH GRADASI SEMARANG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
skripsi pak gie lengkap.pdf

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS pak giarso.pdf

Download (558kB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Loyalitas merupakan hal yang penting, sebab strategi pemasaran yang sukses dan didukung oleh pelanggan yang setia, seyogyanya menghasilkan konsumen-konsumen yang loyal. Salah satu cara yang dilakukan oleh perusahaan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan adalah dengan meningkatkan kepuasan pelanggan dengan merek produk yang ditawarkan kepada konsumen. Loyalitas adalah komitmen yang mendalan untuk membeli kembali atau berlanggan kembali suatu produk atau jasa yang dipilih di masa mendatang, dengan cara membeli merek yang sama secara berulang-ulang, meskipun pengaruh situasional dan usaha-usaha pemasaran secara potensial menyebabkan tingkah laku untuk berpindah. Hasan (2008 : 79). Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul“Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Majalah Gradasi Semarang”. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh kualitas produk, periklanan dan saluran distribusi baik secara parsial maupun simultan terhadap Loyalitas konsumen majalah Gradasi?. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, periklanan dan saluran distribusi baik secara parsial maupun simultan terhadap Loyalitas konsumen majalah Gradasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori atau penelitian eksplanasi (explanatory research). Dalam penelitian ini penelitian menganalisis hubungan antara variabel-variabel penelitian dan menguji hipotesa yang telah dirumuskan. Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kausal antara variabel independen terhadapa variabel dependen. Adapun variabel yang digunakan adalah kualitas produk (X1), Periklanan (X2), saluran distribusi (X3) dan loyalaitas konsumen. (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen majalah gradasi semarang yang berjumlah 1.152 orang. Pengambilan sampel ditentukan dengan random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden dan mengambil teknik probability sampling. Sementara itu metode pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling. Serta menggunakan alat pengambil data berupa angket. Untuk mendukung penelitian ini penulis menggunakan metode analisis dan inferensial. Analisis inferensial meliputi uji validitas, uji reliabilitas, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi berganda, analisisi regresi sederhana, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis secara parsial (uji t) dan uji hipotesis secara simultan (uji F). Untuk memudahkan perhitungan dipergunakan alat bantu berupa program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara variabel kualitas produk terhadap Loyalitas Konsumen Majalah Gradasi Semarang. Ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,690, dengan kategori Kuat atau tinggi, nilai koefisien regresi berganda sebesar 0,248 dan nilai t hitung (3,000) > t tabel (1,984) serta sign 0,003. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara variabel Periklanan terhadap Loyalitas Konsumen Majalah Gradasi Semarang. Ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,884, dengan kategori sangat kuat atau dapat diandalkan, nilai koefisien regresi berganda sebesar 0,356 dan nilai t hitung (2,726) > t tabel (1,984) serta sign 0,008. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara variabel saluran distribusi terhadap loyalitas konsumen majalah Gradasi Semarang. Ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,852, dengan kategori sangat kuat atau dapat diandalkan, nilai koefisien regresi berganda sebesar 0,489 dan nilai t hitung (4,993) > t tabel (1,984) serta sign 0,000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara variabel kualitas produk, periklanan, dan saluran distribusi secara bersama-sama terhadap Loyalitas Konsumen Majalah Gradasi Semarang. Hal ini Ditunjukan dengan nilai nilai F hitung (154,551) >F tabel (2,700) dan signifikansi 0,000. Majalah Gradasi Semarang diharapkan menjaga kualitas produk majalah, mulai dari kualitas cetak, isi majalah, rublik yang menarik, layout majalah yang bagus, dan berita yang upto date serta dapat menerapkan inovasi-inovasi baru dan terbarukan, dan melakukan update dan upgrade untuk majalah gradasi Semarang. Memberikan harga untuk iklan dimajalah lebih murah dari media massa lain, dan melakukan periklanan di sekolah –sekolah yang belum menjadi pangsa pasar majalah gradasi Semarang. Menjaga saluran distribusi yang tepat waktu dengan tidak terlambat terbit, sesuai deadline, serta dapat melakukan strategi distribusi yang lebih baik, seperti dengan melibatkan siswa atau guru sebagai sales majalah disekolah, Menjaga eksistensinya sebagai majalah remaja, yang gaul dan eksis, dengan selalu melakukan urvey terhadap trend yang berkembang dikalangan remaja sekolah. Kata Kunci: kualitas produk, periklanan dan saluran distribusi baik secara parsial maupun simultan terhadap Loyalitas konsumen majalah Gradasi..

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:54
Last Modified: 18 Dec 2023 02:54
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1461

Actions (login required)

View Item View Item