PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HANDPHONE BERBASIS ANDROID

SITI, SHOLIHAH (2016) PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HANDPHONE BERBASIS ANDROID. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, undaris.

[img] Text (Skripsi Ilmu Ekonomi)
SKRIPSI_SITI_SHOLIHAH_1151007_FE.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Perkembangan pesat teknologi smartphone atau telepon pintar memicu persaingan ketat antar vendor ponsel untuk berusaha memperoleh pangsa pasar. Smartphone berbasis sistem operasi Android mengalami peningkatan penjualan dari tahun ke tahun. Fenomena tersebut kemudian melatarbelakangi penyusunan penelitian ini. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, fitur produk dan desain produk terhadap keputusan pembelian handphone berbasis android di Ungaran. Penelitian ini dilakukan pada konsumen atau pemilik handphone berbasis android di Ungaran, dan jumlah sampel yang ditentukan 100 responden dengan menggunakan metode accidental sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Dimana variabel keputusan pembelian (Y), kualitas produk (X1), fitur produk (X2) dan desain produk (X3). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menujukkan bahwa ketiga variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen keputusan pembelian, kemudian dengan menggunakan uji F dapat diketahui ketiga variabel berpengaruh secara bersama-sama terhadap variabel dependen keputusan pembelian. Angka Adjusted R Square sebesar 0,395, menunjukkan bahwa 39,5 persen variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 60,5 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Saran dari penelitian ini adalah: (1) Untuk perusahaan harus senantiasa memperhatikan hal-hal terkait dengan atribut produk seperti kulitas produk, fitur produk dan desain produk. Produsen harus mempertahankan dan memperbaiki atribut produk yang sudah ada tersebut agar lebih menarik konsumen dalam keputusan pembelian handphone berbasis android.(2) Diharapkan dari hasil penilitian ini dapat dijadikan acuan bagi peneliti selanjutnya. Penelitian selanjutnya diharapkan memperluas daerah penelitian serta dengan menambahkan variabel-variabel yang lain. Kata kunci: kualitas produk, fitur produk, desain produk, dan keputusan pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: . Dimas Triatmaja
Date Deposited: 21 Dec 2023 07:26
Last Modified: 21 Dec 2023 07:26
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1459

Actions (login required)

View Item View Item