ANALISIS PENGARUH STRUKTUR MODAL,UKURAN PERUSAHAAN DAN AGENCY COST TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI PERIODE 2012-2014

Dwi, Rahayuningsih (2016) ANALISIS PENGARUH STRUKTUR MODAL,UKURAN PERUSAHAAN DAN AGENCY COST TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI PERIODE 2012-2014. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, undaris.

[img] Text (Skripsi Ilmu Ekonomi)
data skripsi full ayu pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Tujuan utama didirikannya perusahaan adalah untuk meningkatkan kesejahteraan pemegang saham. Sedangkan tujuan sekunder didirikannya perusahaan adalah untuk kesejahteraan konsumen, komunitas, karyawan dan pemasok termasuk kreditur. Kesejahteraan dapat ditingkatkan melalui kinerja perusahaan yang baik. Kinerja perusahaan memperlihatkan kemampuan perusahaan untuk memberikan keuntungan dari asset, ekuitas maupun hutang. Struktur modal merupakan jumlah hutang terhadap ekuitas. Ukuran perusahaan disini menggambarkan besar kecilnya suatu perusahaan yang dapat dinyatakan dengan total penjualan. Total asset turnover mengukur biaya keagenan berdasarkan tingkat perputaran aktiva, pengukuran kinerja perusahaan salah satunya bisa menggunakan ROE. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur modal, ukuran perusahaan dan agency cost terhadap kinerja perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini merupakan penelitian yang melakukan pengujian hipotesis terhadap hubungan kausal antar variabel independen terhadap variabel dependen dengan menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI dan menggunakan desain kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah struktur modal, ukuran perusahaan dan agency cost. Sedangkan variabel terikat adalah adalah kinerja perusahaan. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah purpose sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2014 dengan sample berjumlah 32 perusahaan sub sector konsumsi dengan 96 observasi. Uji statistik yang digunakan meliputi : uji asumsi klasik, uji normalitas, multikolinearitas, uji autokorelsi, uji heterokedastisitas, analisis korelasi, analisis regresi, koefisien determinasi, uji hipotesis (uji t dan uji F) dengan alat bantu perhitungan menggunakan SPSS versi 20.00. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa struktur modal berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja perusahaan dengan nilai t hitung 3, 482 dan nilai signifikasinya 0,01, ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja perusahaaan, dengan nilai t hitung -6,252 dan nilai signifikasinya 0,000 dan agency cost berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja perusahaan dengan nilai t hitung 3,981 dan nilai signifikasinya 0,000. Sedangkan secara simultan struktur modal, ukuran perusahaan dan agency cost berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan, dengan nilai F 23,216 dan nilai signifikasinya 0,000. Bagi Perusahaan diharapkan lebih lengkap dan transparan dalam melaporkan data keuangan yang berkaitan dengan kinerja perusahaan. Ketika memperluas ukuran perusahaan harus di imbangi dengan penambahan skill karyawan agar tercipta kinerja yang baik bagi perusahaan. Kata kunci : Struktur Modal, Ukuran Perusahaan,Agency Cost, Kinerja perusahaan

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: . Dimas Triatmaja
Date Deposited: 21 Dec 2023 07:27
Last Modified: 21 Dec 2023 07:27
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1452

Actions (login required)

View Item View Item