PENGARUH KOMPETENSI, FASILITAS KANTOR DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PERANGKAT DESA BRUNOSARI KECAMATAN BRUNO KABUPATEN PURWOREJO

Muhamad Saefurrohim, Muhamad Saefurrohim (2020) PENGARUH KOMPETENSI, FASILITAS KANTOR DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PERANGKAT DESA BRUNOSARI KECAMATAN BRUNO KABUPATEN PURWOREJO. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
SKRIPSI M. SAEFUROHIM 16510037.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Pelayanan publik merupakan tanggung jawab pemerintah dan dilaksanakan oleh instansi pemerintah, baik itu pusat maupun daerah. Pihak instansi atau organisasi publik dituntut untuk dapat memberikan perbaikan mutu dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Gap atau kesenjangan yang terjadi tentang kualitas pelayanan perangkat desa Brunosari adalah pelayanan yang diberikan kurang memberikan kepuasan seperti pelayanan yang terkesan berbelit-belit. Selain itu pelayanan yang diberikan juga membutuhkan waktu yang lama tanpa memberi kepastian waktu. Lewis dan Booms dalam Fandy Tjiptono (2011) menyatakan, “Kualitas layanan sebagai ukuran seberapa bagus tingkat layanan yang diberikan mampu sesuai dengan ekspektasi pelanggan”. Menurut Mochamad Andi Septiono (2017) menyatakan kualitas pelayanan dapat di pengaruhi oleh Disiplin Kerja, Kompetensi Pegawai dan Fasilitas Kantor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi, fasilitas kantor dan disiplin kerja terhadap kualitas pelayanan. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatori research. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat desa Brunosari, dari umur 17-48 tahun yang berjumlah 567 orang dengan jumlah sampel 235 orang. Teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis deskriptif, uji korelasi, uji regresi. Selanjutnya pengujian hipotesis menggunakan koefisien determinasi, uji t dan uji F. Hasil analisa menunjukkan nilai t hitung variabel kompetensi adalah sebesar (5,371) > t tabel (1,972) dan nilai signifikan (0,000 < 0,05) yang artinya bahwa kompetensi berpengaruh signifikan terhadap variabel kualitas pelayanan perangkat desa Brunosari. Variabel fasilitas kantor menghasilkan nilai t hitung sebesar (5,451) > t tabel (1,972) dan nilai signifikan (0,000 < 0,05) yang artinya bahwa variabel fasilitas kantor berpengaruh signifikan terhadap variabel kualitas pelayanan perangkat desa Brunosari. Variabel disiplin kerja menghasilkan nilai t hitung sebesar (11,162) > t tabel (1,972) dan nilai signifikan (0,000 < 0,05) yang artinya bahwa variabel disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap variabel kualitas pelayanan perangkat desa Brunosari. Dari pengujian semua variabel independen secara simultan diperoleh nilai F hitung sebesar 254,414 > F tabel sebesar 2,65 dengan tingkat signifikasi 0,000 < 0,05, maka menunjukkan bahwa variabel kompetensi, fasilitas kantor dan disiplin kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel kualitas pelayanan perangkat desa Brunosari. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel kompetensi, fasilitas kantor, dan disiplin kerja berpengaruh secara secara parsial dan secara simultan terhadap kualitas pelayanan. Kata kunci: Kompetensi, Fa s il i tas Kan to r , dis ipli n k e r ja, d an Kual i tas Pe lay an an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 15 Dec 2023 03:06
Last Modified: 15 Dec 2023 03:06
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1440

Actions (login required)

View Item View Item