ANALISIS PRIORITAS KEBIJAKAN DALAM RANGKA PENINGKATAN KINERJA APARATUR PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KELURAHAN DI KABUPATEN SEMARANG

Yanu Setiyanto, Yanu Setiyanto (2020) ANALISIS PRIORITAS KEBIJAKAN DALAM RANGKA PENINGKATAN KINERJA APARATUR PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KELURAHAN DI KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
Skripsi Yanu Setiyanto (17510033).pdf

Download (6MB)
[img] Text
Jurnal Skripsi Yanu Setiyanto (17510032).pdf

Download (436kB)
[img] Text
BA Bimbingan Skripsi (Scanned).pdf

Download (306kB)
[img] Text
BA Ujian Skripsi (Scanned).pdf

Download (276kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan Skripsi (Scanned).pdf

Download (127kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan Skripsi (Scanned).pdf

Download (161kB)
[img] Text
Surat Pernyataan Plagiarisme (Scanned).pdf

Download (146kB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Kantor kelurahan merupakan instansi pelayanan publik terdepan yang menjadi kepanjangan tangan Pemerintah Daerah Kabupaten Semarang yang kinerjanya dirasakan dan diawasi langsung oleh masyarakat. Tetapi masih ditemukan permasalahan-permasalah dalam rangka mencapai kinerja pelayanan publik di kantor kelurahan yang sesuai dengan yang diharapkan. Diantaranya permasalahan mengenai kemampuan kerja para aparatur dalam pelayanan yang masih kurang maksimal, fasilitas kerja yang dalam kondisi kurang optimal, standar operasional prosedur (SOP) yang tidak dijalankan dengan baik dan kedisiplinan kerja para aparatur yang masih kurang baik. Permasalahan�permasalahan tersebut tidak dapat diselesaikan secara bersamaan dikarenakan adanya keterbatasan anggaran, sehingga harus ditentukan permasalahan mana yang menjadi prioritas untuk diselesaikan terlebih dahulu. Dalam penelitian ini teori yang dijadikan dasar rujukan adalah teori kinerja menurut Mathis dan Jackson (2015) dimana faktor- faktor yang mempengaruhi kinerja yaitu faktor kemampuan, faktor tingkat usaha, faktor dukungan organisasi dan faktor keberadaan pekerjaan yang mereka lakukan Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif dan dalam pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel tujuan yaitu kinerja dan variabel alternatif yaitu kemampuan kerja, fasilitas kerja, standar operasional prosedur serta kedisiplinan kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah 27 kantor kelurahan di Kabupaten Semarang. Sedangkan sampel yang digunakan sejumlah 13 orang terdiri dari 4 orang informan kunci, 7 orang informan utama dan 2 orang informan pendukung yang dipilih melalui kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analitical Hierarchy Process (AHP). Hasil analisa wawancara menemukan bahwa kemampuan kerja, fasilitas kerja, SOP dan kedisiplinan kerja berpengaruh terhadap peningkatan kinerja aparatur pelayanan publik pada kantor kelurahan di Kabupaten Semarang. Sedangkan hasil analisa menggunakan metode AHP menemukan bahwa kedisiplinan kerja menjadi prioritas pertama dengan nilai koefisien 0,367, kemampuan kerja menjadi prioritas kedua dengan nilai koefisien 0,299, SOP menjadi prioritas ketiga dengan nilai koefisien 0,203 dan fasilitas kerja menjadi prioritas keempat dengan nilai koefisien 0,132 dengan nilai consistency ratio (CR) model AHP sebesar 0,01. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peningkatan kedisiplinan kerja merupakan prioritas pertama dalam rangka peningkatan kinerja aparatur pelayanan publik pada kantor kelurahan di Kabupaten Semarang yang menunjukan bahwa kedisiplinan kerja para aparatur pelayanan publik masih belum sesuai yang diharapkan. Sehingga dalam penyusunan anggaran perlu diprioritaskan alokasi anggaran untuk kebijakan peningkatan kedisiplinan kerja para aparatur pelayanan publik. Salah satu kebijakan dalam rangka meningkatkan kedisiplinan kerja aparatur pelayanan publik tersebut adalah melalui penegasan dalam pelaksanaan kebijakan reward and punishment yang lebih baik, sehingga diharapkan muncul kesadaran untuk lebih disiplin bekerja. Kata Kunci : Kemampuan Kerja, Fasilitas Kerja, Standar Operasional Prosedur, Kedisiplinan Kerja, Kinerja Pegawa

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 11 Dec 2023 06:33
Last Modified: 11 Dec 2023 06:33
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1407

Actions (login required)

View Item View Item